Pengembangan modul berbasis Sejarah Lokal melalui kajian situs makam Sunan Giri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa / Moh. Teguh Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul berbasis Sejarah Lokal melalui kajian situs makam Sunan Giri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa / Moh. Teguh Prasetyo

Prasetyo, Moh. Teguh (2018) Pengembangan modul berbasis Sejarah Lokal melalui kajian situs makam Sunan Giri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa / Moh. Teguh Prasetyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Prasetyo Moh Teguh. 2018. Pengembangan Modul Berbasis Sejarah Lokal Melalui Kajian Situs Makam Sunan Giri Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Tesis Program Studi Pendidikan Sejarah Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ari Sapto M.Hum. (II) Dr. Blasius Suprapta M.Hum. Kata kunci Modul Sejarah Lokal Sunan Giri Motivasi Belajar Hasil Belajar Pembelajaran sejarah dengan tema kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Islam sering terjadi kendala diantaranya ketuntasan dalam kegiatan pembelajaran motivasi belajar juga masih kurang dan pemahaman materi yang kurang. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan produk berupa modul sejarah lokal yang memenuhi kriteria kelayakan yaitu valid efektif dan menarik dan 2) dan melihat keefektifan modul sejarah lokal dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar di SMA Negeri 1 Gresik. Pengembangan bahan ajar berupa modul sejarah lokal ini menggunakan model pengembangan dari Dick Carey. Dalam hal ini peneliti adalah pengembang sedangkan subjek uji coba adalah guru kelas dan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gresik. Data penelitian ini adalah hasil angket dan tes kognitif yang dilakukan selama penilitian dilapangan. Hasil validasi menunjukan 1) validator ahli materi dengan presentase 73% 2) validator ahli bahasa 80% dan guru sejarah 80 % serta siswa 96 61%. Secara keseluruhan hasil analisis data responden sebesar 82 % dengan kriteria layak. Sedangkan hasil penilain keefektifan modul untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar mendapat presentase 89 % dengan kategori penilaian sangat baik. Sedangkan kemampuan dan keefektifan modul untuk meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 92 % dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil dari serangkaian proses uji kelayakan tersebut modul sejarah lokal layak digunakan sebagai bahan ajar untuk siswa. Hasil penilitian menunjukan bahwa pengembangan modul berbasis sejarah lokal dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pilihan untuk mengatasi kendala yang dialami oleh guru karena efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Berdasarkan hasil keefektifan modul tersebut maka modul dinilai mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Selain itu siswa dapat memanfaatkan situs sejarah disekitar sekolah atau tempat tinggal siswa sebagai sumber belajar sejarah. Namun modul sejarah lokal ini juga memiliki kekurangan yaitu bahan ajar menggunakan bahan cetak berupa kertas sehinga rawan rusak selain itu Penggunaan modul cetak sejarah lokal menghabiskan cukup biaya karena untuk mendistribusikan ke siswa harus mencetak semua modul sejumlah siswa yang ada. sehingga dalam pengembangan selanjutnya perlu dikembangkan bahan ajar yang lebih terjangkau.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113845

Actions (login required)

View Item View Item