Pengembangan modul peninggalan masa Hindu-Buddha untuk meningkatkan pemahaman guru tentang sejarah lokal di MGMP Sejarah Kota Batu / Rif'atul Fikriya

Fikriya, Rif'atul (2018) Pengembangan modul peninggalan masa Hindu-Buddha untuk meningkatkan pemahaman guru tentang sejarah lokal di MGMP Sejarah Kota Batu / Rif'atul Fikriya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii RINGKASAN Fikriya, Rif’atul. 2018. Pengembangan Modul Peninggalan Masa Hindu-Buddha untuk Meningkatkan Pemahaman Guru Tentang Sejarah Lokal di MGMP Sejarah Kota Batu.Tesis. Jurusan Pendidikan Sejarah. Program Pascarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Ari Sapto, M.Hum, (2) Dr. Blasius Suprapta, M.Hum. Kata Kunci: Modul, pemahaman guru, situs Hindu-Buddha, Kota Batu Guru dituntut menguasai konsep materi secara luas dan mendalam sehingga mampu memberikan pemahaman yang kuat terhadap kajian obyek formal sebelum mengajak siswa mempelajari obyek materialnya. Modul guru yang dikembangkan ini bertujuan, 1) menghasilkan sebuah produk yang memenuhi kriteria kelayakan yaitu valid dan efektif, 2) menguji keefektifan modul dalam meningkatkan pemahaman guru sejarah. Penelitian ini menggunakan model Dick Carey & Carey yang diwujudkan dalam desain penelitian dan disesuaikan dengan karakteristik produk yang dihasilkan. Dalam hal ini peneliti adalah pengambang bahan ajar sedangkan subyek uji coba adalah guru yang tergabung dalam MGMP guru sejarah di Kota Batu. Data penelitian ini adalah hasil validasi dan angket. Hasil validasi ahli materi menunjukkan skor 86% dengan kriteria “sangat valid”, skor validasi ahli media adalah 97.33% dan dimasukkan dalam kriteria “sangat valid”. Rata-rata yang bisa didapat dari hasil analisis validasi ahli menunjukkan skor 91,5% pada kriteria “sangat valid”. Kelayakan modul menurut ahli dapat disimpulkan sangat layak untuk digunakan guru dalam pembelajaran materi peninggalan Hindu-Buddha di SMA. Hasil analisis uji coba kelompok kecil (terbatas) untuk mengetahui efektifitas produk yang diperoleh dari angket respon guru menunjukkan skor 100% dan masuk kriteria “sangat efektif”. Hasil analisis uji coba pada kelompok besar (lapangan) menunjukkan tingkat efektifitas modul sejumlah 93,6% dengan kriteria “sangat efektif”, modul dapat digunakan dalam pembelajaran. Kesimpulan secara umum dari pengguna menerima dengan baik adanya modul ini sebagai salah satu bahan ajar guru dalam memberikan materi Hindu-Buddha khususnya yang lebih menekankan aspek sejarah lokal. Produk yang dikembangkan berupa modul kemudian digunakan dalam eksperimen untuk mengetahui tingkat pemahaman guru terhadap materi yang bersangkutan. Terjadi kenaikan rata-rata tingkat pemahaman guru dari 7 menjadi 9. Prosentase kenaikan ini sejumlah 77,77%, pada nilai ini dapat dikategorikan tingkat pemahaman guru setelah dilakukan pengukuran adalah baik/memahami/meningkat. Modul masih terbatas sebagai salah satu alternatif bahan ajar yang digunakan guru dalam pembelajaran di kelas. Dalam meningkatkan pemahaman guru, dapat dikembangkan bahan ajar dalam bentuk lain antara lain multimedia interaktif atau yang lainnya. Pengembangan produk serupa dengan cara meluaskan materi yaitu dengan obyek kajian peninggalan praaksara, Islam maupun kolonial dalam satu kawasan Kota Batu. Bahan ajar bagi kepentingan pendidikan dapat dikembangkan dengan menekankan pendidikan karakter yang viii dapat digali dari setiap situs peninggalan sejarah yang ada. Bahan ajar juga dapat dikembangkan dengan materi yang sama tetapi dengan spasial yang lebih luas, antara lain pembahasan yang mencakup peninggalan Hindu-Buddha di wilayah Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113842

Actions (login required)

View Item View Item