Pengembangan suplemen bahan ajar Sejarah materi Hasil Budaya Prasejarah berbasis kajian situs Megalitik di Kabupaten Ngada untuk siswa kelas X SMA Negeri I Soa / Timoteus Cun Bay

Bay, Timoteus Cun (2018) Pengembangan suplemen bahan ajar Sejarah materi Hasil Budaya Prasejarah berbasis kajian situs Megalitik di Kabupaten Ngada untuk siswa kelas X SMA Negeri I Soa / Timoteus Cun Bay. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Bay C. Timoteus 2018. Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Sejarah Materi Hasil Budaya Pra-Sejarah Berbasis Kajian Situs Megalitik di Kabupaten Ngada untuk Siswa Kelas X SMA Negeri I Soa. Tesis Prodi Pendidikan Sejarah Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ari Sapto M.Hum (2) Dr. Blasius Suprapta M.Hum. Kata Kunci Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Situs Megalitik. Bahan ajar sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri I Soa terdapat beberapa kendala seperti masih minimnya bahan ajar kontekstual terutama yang mengkaji tentang situs megalitik di Ngada. Bahan ajar yang digunakan pada umumnya masih berisi konsep dan materi secara umum sehingga terkesan menjauhkan siswa dari lingkungan terdekat yang menjadi keunggulan di daerahnya. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan suplemen bahan ajar sejarah materi hasil budaya pra-aksara berbasis kajian situs megalitik di Ngada. Suplemen bahan ajar ini dikembangkan dengan menerapkan model 4-D (Four D Model) oleh Thiagarajan. Tahap pengembangan terdiri dari 4 empat tahap namun dalam penelitian ini hanya menggunakan tiga tahap yaitu tahap pendefenisian (define) perancangan (design) dan tahap pengembangan (develop). Produk awal meliputi beberapa tahapan yaitu validasi ahli materi ahli bahasa dan ahli desain pembelajaran. Selanjutnya dilakukan tahap ujicoba kelompok kecil dan ujicoba kelompok besar pada guru dan siswa sejarah SMA Negeri I Soa. Produk pengembangan berupa suplemen bahan ajar sejarah kajian situs megalitik di Ngada berisi beberapa materi yang diuraikan dalam bab dan sub-bab yaitu (1) profil Kabupaten Ngada (2) jenis dan fungsi megalitik (3) megalitik dan kaitannya dengan kepercayaan masyarakat Ngada (4) kearifan lokal (5) nilai peninggalan tradisi megalitik dalam upaya pemeliharaan warisan budaya bangsa dan (6) penutup. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dengan presentase 92 1% ahli bahasa 75% dan ahli desain pembelajaran 75%. Secara keseluruhan hasil validasi ahli berada pada kriteria layak untuk digunakan. Produk yang telah divalidasi selanjutnya dilakukan uji coba lapangan. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata presentase 83 18% dengan kriteria layak dan hasil uji coba kelompok besar diperoleh rata-rata presentase 91 40% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba lapangan maka produk suplemen bahan ajar kajian situs megalitik di Ngada dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran sejarah siswa kelas X SMA Negeri I Soa pada kompetensi dasar menganalisis berdasarkan tipologi hasil budaya pra-aksara di Indonesia termasuk di lingkungan terdekat siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113841

Actions (login required)

View Item View Item