Pembelajaran sejarah pada lembaga non-formal: Historical Consciusness Komunitas Masyarakat Peduli Sejarah Aceh / Rizki Rasnawi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran sejarah pada lembaga non-formal: Historical Consciusness Komunitas Masyarakat Peduli Sejarah Aceh / Rizki Rasnawi

Rasnawi, Rizki (2018) Pembelajaran sejarah pada lembaga non-formal: Historical Consciusness Komunitas Masyarakat Peduli Sejarah Aceh / Rizki Rasnawi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rasnawi Rizki. 2018 . Pembelajaran Sejarah Pada Lembaga Non-formal Historical Consciousness Komunitas Masyarakat Peduli Sejarah Aceh. Tesis. Program Studi Pendidikan Sejarah Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ari Sapto M. Hum. (II) Dr. Joko Sayono M.Pd. M. Hum Kata kunci Mapesa kesadaran sejarah pembelajaran sejarah revivalisme sejarah lokal Komunitas Mapesa (Masyarakat Peduli Sejarah Aceh) merupakan salah satu lembaga penggiat sejarah di Kota Banda Aceh. Keberadaan komunitas Mapesa mampu menarik perhatian beberapa kelompok pemuda untuk bergabung kedalamnya. Mapesa mempunyai berbagai macam kegiatan dalam melakukan tindakan penyelamatan benda cagar budaya. Dalam setiap kegiatan beberapa mahasiswa dan pelajar ikut kedalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui latar belakang berdirinya Mapesa 2) mendekripsikan bentuk kegiatan yang mencerminkan adanya kesadaran sejarah 3) mendeskripsikan proses pembelajaran sejarah yang ada pada komunitas Mapesa 4) dampak pembelajaran sejarah yang ditawarkan oleh Mapesa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini kehadiran peneliti sangat menentukan pemerolehan data. Melalui kegiatan ini peneliti dapat mengamati secara langsung dan mencatat segala hal yang ada dilapangan. Lokasi penelitian adalah kota Banda Aceh. Sumber data berasal dari anggota dan data eksternal komunitas Mapesa. Data dari anggota meliputi kata-kata dan tindakan subyek penelitian yakni dari para anggota dengan jumlah delapan orang arsip piagam penghargaan dan data yang relevan. Data eksternal merupakan data yang diperoleh dari lembaga yang pernah bekerja sama dengan komunitas Mapesa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipatif wawancara secara mendalam dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Analisis Miles and Huberman (1992 20) yaitu koleksi data sajian data reduksi data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber triangulasi metode dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) latar belakang berdirinya Mapesa dipengaruhi oleh kondisi cagar budaya dan semangat dari revivalisme. Ketidaksiapan pemerintah dalam merancang Qanun perlindungan cagar budaya juga bagian dari latar belakang berdirinya Mapesa. 2) Mapesa memiliki beberapa bentuk kegiatan yang mencerminkan kesadaran sejarah yaitu meuseuraya diskusi akhir pekan penelitian dan napak tilas. 3) Pembelajaran sejarah yang diberikan oleh Mapesa adalah teknik ekskavasi pembacaan epitaf filologi dan sejarah kawasan. 4) Dampak pembelajaran sejarah yang ditawarkan oleh Mapesa adalah meningkatkan pemahaman terhadap sejarah lokal yang lebih konstruktif serta bisa dijadikan sebagai sarana dalam mengembangkan perasaan kepedulian terhadap sejarah daerahnya. ABSTRACT Rasnawi Rizki. 2018. History Learning in a Non-formal Institution Historical Consiusness A Caring Community of Aceh History. Thesis. Study Program History Education Postgraduate Universitas Negeri Malang. Supervisors (I) Dr. Ari Sapto M. Hum. (II) Dr. Joko Sayono M.Pd. M. Hum. Keywords Mapesa Historical Consciousness History Learning Revivalism Local History. Mapesa community (A caring Community of Aceh History) is a mover institution of History in Banda Aceh. This community appears to attract some young groups to get involved. Mapesa has a range of activities in order to preserve cultural heritage objects in every occasion. Every event that occurs some college students and high schoolers do accompany to give support. This research aims to 1) describe historical backround the Mapesa establishment 2) describe a form of activities that reflecting historical consciousness 3) describe the historical learning process that existed in community of Mapesa 4) the effect of history learning offered by Mapesa. This research took place in Banda Aceh city Aceh Province. This study engaged qualitatitive descriptive approach. In this case reseacher presence was determining data collection. This event the reseacher was allowed to observe directly and make note of every detail in the field. Reseach location is Banda Aceh city. Data sources derived from members and external communities of Mapesa. Members delivered speech and actions of study subjects namely 8 members. Charter archieve and related data. External data was obtained through organization which had partnership towards Mapesa community. Data collection technique is participative observation deeply interview and documentation study. Analysis data used Miles and Huberman model (1992 20) namely data collection data presentation data reduction and conclusion establishment. Validity check employed triangulation which is triangulation source method and time triangulation. Research results indicate that 1) Mapesa establishment was affected by the state of cultural heritage objects and revivalism spirit. Governement was less responsive in designing Qanun cultural heritage protection was also another reason of Mapesa formation. 2) Mapesa obtains several kinds of activities which reflecting historical awareness namely meuseuraya weekend discussion research and exploration. 3) History learning offered by Mapesa includes excavation technique epitaph reading cemetery tipology and environmental history. 4) The consequences of history learning offered by Mapesa is to improve the understandings of local history to be more constructive and can be used as means to develop awareness towards historical region.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113839

Actions (login required)

View Item View Item