Bias gender dan marginalisasi perempuan dalam buku teks sejarah SMA (sebuah studi analisis wacana pada buku teks Sejarah Indonesia SMA kelas X) / Niken Pranandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Bias gender dan marginalisasi perempuan dalam buku teks sejarah SMA (sebuah studi analisis wacana pada buku teks Sejarah Indonesia SMA kelas X) / Niken Pranandari

Pranandari, Niken (2018) Bias gender dan marginalisasi perempuan dalam buku teks sejarah SMA (sebuah studi analisis wacana pada buku teks Sejarah Indonesia SMA kelas X) / Niken Pranandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pranandari Niken. 2017. Bias Gender dan Marginalisasi Perempuan Dalam Buku Teks Sejarah SMA (Sebuah Studi Analisis Wacana Pada Buku Teks Sejarah Indonesia SMA Kelas X). Tesis Program Studi Pendidikan Sejarah Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Joko Sayono M.Pd. M.Hum (II) Dra. Siti Malikhah Towaf M.A Ph.D. Kata Kunci bias gender dan marginalisasi buku teks analisis wacana Dalam buku teks pelajaran khususnya Buku Teks Sejarah konstruksi buku teks pembelajaran akan dipengaruhi oleh subjektifitas penyusun dan konstruksi sosial budaya dalam memahami konsep-konsep pengetahuan dan wacana kontemporer termasuk dalam hal ini isu tentang gender. Dalam upaya mewujudkan pemahaman mengenai kesetaraan gender maka sudah selayaknya diperlukan kajian dan penelitian yang mendalam terhadap buku teks Sejarah tersebut. Penelitian ini mengkaji buku teks Sejarah Indonesia yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta buku Teks Sejarah Indonesia yang diterbitkan oleh Penerbit Erlangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui marginalisasi perempuan dalam Buku Teks Sejarah Kelas X Kurikulum 2013 melalui proses pengeluaran (eksklusi) dan untuk mengetahui marginalisasi perempuan dalam Buku Teks Sejarah Kelas X Kurikulum 2013 melalui proses pemasukan (inklusi). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan model analisis wacana Theo Van Leeuwen. Dalam penelitian ini peneliti memilih Buku Teks Sejarah Indonesia Kelas X yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Buku Teks Sejarah Indonesia Kelas X yang dikeluarkan oleh Penerbit Erlangga. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dua simpulan penelitian. Pertama dalam buku teks Sejarah Indonesia kelas X yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ditemukan adanya bentuk bias gender dan marginalisasi perempuan melalui proses pengeluaran (eksklusi) dengan menggunakan strategi pasivasi sebanyak 4 kutipan dan strategi nominalisasi sebanyak 1 kutipan. Dalam buku teks Sejarah Indonesia kelas X yang diterbitkan oleh Erlangga ditemukan adanya bias gender dan marginalisasi perempuan dengan menggunakan strategi pasivasi sebanyak 7 kutipan dan strategi nominalisasi sebanyak 1 kutipan. Kedua bentuk bias gender dan marginalisasi perempuan melalui proses pemasukan (inklusi) terdapat dalam buku teks Sejarah Indonesia Kelas X yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan menggunakan strategi diferensiasi-indiferensiasi ditemukan sebanyak 3 kutipan dan strategi nominasi-kategorisasi sebanyak 14 kutipan. Dalam buku teks Sejarah Indonesia Kelas X yang diterbitkan oleh Penerbit Erlangga melalui proses pemasukan (inklusi) dengan menggunakan strategi diferensiasi-indiferensiasi ditemukan sebanyak 4 kutipan dan strategi nominasikategorisasi sebanyak 23 kutipan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113833

Actions (login required)

View Item View Item