Mirawati, Ayu (2017) Pengembangan media pembelajaran aplikasi android "Batik Jonegoran" untuk memperkuat nasionalisme dan pendidikan karakter dalam pembelejaraan sejarah tingkat SMA / Ayu Mirawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mirawati Ayu. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Android Batik Jonegoroan untuk Memperkuat Nasionalisme dan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Tingkat SMA. Tesis. Jurusan Pendidikan Sejarah Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ari Sapto M. Hum pembimbing (II) Dr. Reza Hudiyanto M. Hum. Keywords pengembangan media pembelajaran aplikasi Batik Jonegoroan. Ketergantungan guru pada buku teks menjadikan minimnya bahan ajar yang digunakan oleh guru hal ini yang menyebabkan pembelajaran kurang berkesan dan tidak menekankan kearifan budaya lokal. Guru hanya menyampaikan materi yang ada pada buku teks dan kurang menjelaskan mengenai pengaruh ekonomi dan politik pada masa Reformasi yang ada dilingkungan sekitar siswa. Hal ini yang menyebabkan siswa kurang memahami makna dari pembelajaran sejarah. Pada dasarnya masih banyak guru yang kurang dalam mengembangkan media pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sekitar sehingga menjadikan guru kesulitan dalam mengintegrasikan materi dengan kondisi lingkungan sekitar siswa. Media pembelajaran merupakan sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dalam kegiatan belajar agar tercapai tujuan belajar. Dengan memanfaatkan kemajuan IPTEK siswa lebih mudah menerima materi dan lebih mudah untuk meningkatkan materi secara bersama. Penelitian ini mengembangkan bahan ajar dalam bentuk smartphone yang menggunakan sistem operasional android. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran aplikasi batik Jonegoroan untuk memperkuat nasionalisme dan pendidikan karakter untuk tingkat SMA. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D dari Thiagarajan Semmel Semmel (1974). Tahap awal adalah observasi lapangan untuk mengetahui permasalahan yang ada di dalam kelas menentukan pengembangan media pembelajaran berupa aplikasi android yaitu aplikasi Batik Jonegoroan. Produk kemudian divalidasikan ke para ahli yaitu ahli media ahli materi dan ahli bahasa setelah produk dilakukan perbaikan melalui masukan yang diberikan oleh para ahli dan dinyatakan layak digunakan setelah melakukan revisi langkah selanjutnya adalah uji coba kelompok kecil dan dilakukan uji coba lapangan didalam kelas XII-IIS2 di SMA Negeri 1 Bojonegoro. Produk pengembangan media pembelajaran aplikasi Batik Jonegoroan dikembangkan dengan situs appy.pie dalam bentuk file extinse.apk. hasil tes belajar sebelum menggunakan aplikasi batik Jonegoroan diperoleh persentase rata-rata 33% dan sesudah menggunakan aplikasi batik Jonegoroan diperoleh persentase rata-rata 100% lulus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan aplikasi Batik Jonegoroan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. Media aplikasi Batik Jonegoroan ini juga terbukti mampu memperkuat pendidikan karakter dan rasa nasionalisme pada mata pelajaran sejarah untuk siswa SMA. Dengan adanya pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi Batik Jonegoroan diharapkan dapat menjadi inspirasi untuk para pengembang lain untuk membuat sebuah pembelajaran berkualitas yang dapat digunakan oleh siswa belajar secara efektif dan efisien. Dengan adanya pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi Batik Jonegoroan membuktikan bahwa semakin banyak tradisi-tradisi lokal dibeberapa wilayah yang masih berpeluang untuk dijadikan bahan pembelajaran. Kekhasan lingkungan seperti flora fauna kontur alam dapat menjadi inspirasi pengembangan motif kesenian terutama batik. Sehingga batik bukan hanya milik daerah yang memiliki candi wayang namun juga di kawasan yang memiliki kekhasan dari segi yang lain. ABSTRACT Mirawati Ayu. 2017. The Development of Learning Media Applications Android Batik Jonegoroan to Strengthen Nationalism and Character Education in Learning the History of The Senior High School Level. Thesis. The Education Department of History Stanford University Graduate Programs. Advisor (I) Dr. Ari Sapto M. Hum advisor (II) Dr. Reza Hudiyanto M. Hum. Keywords development learning media Batik Jonegoroan application. Reliance on textbooks teachers made the lack of learning materials used by teachers this is causing less memorable learning and not emphasize the wisdom of local culture. The teacher only convey the material in the textbook and less to explain about the economic and political influence on the reformation of the existing surroundings around the students. This causes the students to understand the meaning of the learning history. Basically it is still much less teachers in developing a learning environment that utilizes media around making teacher s difficulty in integrating materials with environmental conditions around students. Learning media is the means used to deliver the message in the learning activities so that learning goals are achieved. By making use of advances in Science and Technology students more receptive material and easier to improve the material together. This research develops learning materials in the form of a smartphone using the android operating system. The purpose of this research is to produce media learning batik Jonegoroan application to strengthen nationalism and character education to high school level. The development model used in this study refers to the 4-D model of development of Thiagarajan Semmel Semmel (1974). The initial stage is the observation of the field to find out the existing problems in the classroom learning media development determine the form of android applications i.e. applications Batik Jonegoroan. The product is then validated to the experts that is media expert expert linguist and material after product repair done through the input given by experts and declared viable use after the revision the next step is to test small groups and conducted field trials in the class XII-IIS2 in SMAN 1 Bojonegoro. Learning media development products Batik Jonegoroan applications developed with the site UR appy.pie in the file UR extinse.apk. test results of learning batik Jonegoroan application before using the average percentage obtained 33% and after using batik Jonegoroan applications obtained average percentage 100% pass. Thus it can be concluded that the products Batik Jonegoroan application development is worth learning as the media used in the classroom and outside the classroom. Batik Jonegoroan application media also proved able to strengthen character education and a sense of nationalism in the eyes of history lesson for high school students. With the development of the media-based learning applications Batik Jonegoroan is expected to be an inspiration for other developers to create a high quality learning that can be used by students learn effectively and efficiently. With the development of media-based learning application Batik Jonegoroan proves that a growing number of local traditions in different regions are still likely to be used as learning materials. The specificity of the environment such as flora fauna natural contours can be the inspiration art motif development especially batik. So batik not only belong to the area that has a temple but also in the region that has specificity in terms of the other.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/113830 |
Actions (login required)
View Item |