Persepsi mahasiswa sejarah terhadap muatan materi fakta dan fiksi dalam novel sejarah "Max Havelaar" karya Multatuli 1860 / Moch. Nurfahrul Lukmanul Khakim - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi mahasiswa sejarah terhadap muatan materi fakta dan fiksi dalam novel sejarah "Max Havelaar" karya Multatuli 1860 / Moch. Nurfahrul Lukmanul Khakim

Khakim, Moch. Nurfahrul Lukmanul (2017) Persepsi mahasiswa sejarah terhadap muatan materi fakta dan fiksi dalam novel sejarah "Max Havelaar" karya Multatuli 1860 / Moch. Nurfahrul Lukmanul Khakim. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khakim Moch. Nurfahrul Lukmanul Khakim. 2016. Persepsi Mahasiswa Sejarah Terhadap Muatan Materi Fakta dan Fiksi dalam Novel Sejarah Max Havelaar Karya Multatuli 1860. Tesis Prodi Magister Pendidikan Sejarah Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ari Sapto M.Hum (2) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf M.A. Ph.D Kata Kunci persepsi fakta fiksi Max Havelaar Novel Max Havelaar (1868) karya Multatuli nama samaran dari Eduard Douwes Dekker ditulis dan terbit pada masa kolonial dengan menampilkan peristiwa dan latar sejarah kolonial. Mahasiswa sejarah sebagai calon pendidik sejarah kurang memanfaatkan referensi ini untuk menghadirkan wacana baru yang belum banyak dikaji tetapi memiliki peran yang penting bagi masyarakat serta mengulas karya sastra sejarah yang dekat dalam pembelajaran sejarah kolonial. Persepsi mahasiswa sejarah mengenai novel sejarah seperti Max Havelaar menarik dikaji untuk menemukan makna baru dalam pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perjalanan hidup Eduard Douwes Dekker (2) Menelaah deskripsi karya sastra Max Havelaar (3) Menguraikan kajian mahasiswa sejarah terhadap muatan fakta dan fiksi dalam novel Max Havelaar 1860 (4) Memaparkan persepsi Mahasiswa Jurusan Sejarah terhadap muatan fakta dan fiksi dalam novel Max Havelaar 1860 sebagai pengayaan pemahaman sejarah Indonesia baru. Penelitian kualitatif dalam kajian kali ini menggunakan pendekatan hermeneutika Gadamer yang menitikberatkan pada persepsi mahasiswa terhadap novel sejarah. Analisis novel Max Havelaar menggunakan model analisis konten. Pendekatan ini cocok untuk menafsirkan secara langsung penemuan muatan fakta dan fiksi dalam novel Max Havelaar serta menemukan persepsi mahasiswa sejarah dalam memahami muatan fakta dan fiksi dalam novel Max Havelaar. Hasil penelitian ini menunjukkan mahasiswa sejarah menemukan fakta-fakta baru mengenai sejarah Indonesia baru atau sejarah kolonial yang tidak diperoleh ketika membaca buku lain. Fakta tersebut antara lain mengenai perilaku sewenang-wenang pejabat pribumi dan Belanda ironi dalam sistem feodal penderitaan rakyat khususnya petani dan pemberontakan pribumi. Semua mahasiswa sejarah mengaku baru mengerti mengenai pelaksanaan dan proses sistem pajak yang dibebankan dengan tinggi kepada para pribumi. Semua mahasiswa sejarah yang terlibat dalam penelitian ini menemukan fakta tambahan tentang sejarah kolonial / sejarah Indonesia baru dibanding wawasan yang pernah didapat saat kuliah. Para subjek penelitian mengaku muatan fiksi dalam novel Max Havelaar karya Multatuli terdapat pada puisi atau sajak. Novel Max Havelaar karya Multatuli juga kontekstual dengan mata kuliah Sejarah Indonesia Baru khususnya materi mengenai masa penjajahan Belanda. Persepsi mahasiswa sejarah secara umum setuju mengenai makna baru dari novel Max Havelaar karya Multatuli dalam pembelajaran sejarah. Saran dari penelitian ini mahasiswa sejarah sebagai calon guru harus dapat memilah isi novel Max Havelaar yang sesuai dengan materi dalam pelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113829

Actions (login required)

View Item View Item