Pengaruh model pembelajaran project based learning dan proses sains terhadap kemampuan berpikir kreatif / Wenny Widyastuty - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran project based learning dan proses sains terhadap kemampuan berpikir kreatif / Wenny Widyastuty

Widyastuty, Wenny (2020) Pengaruh model pembelajaran project based learning dan proses sains terhadap kemampuan berpikir kreatif / Wenny Widyastuty. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Widyastuty Wenny. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learningdan Proses Sains terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif di MA Negeri 1 Kota Malang. Tesis Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (2) Dr. Didik Taryana M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran PjBL Proses Sains Kemampuan Berpikir Kreatif Keterampilan berpikir kreatif ialah kemampuan dalam menciptakan karya baru berupa pemikiran dan karya ilmiah yang terdiri dari indikator 1)problemsensitivity 2)fluency 3)flexibility 4)originality dan 5)elaboration. Berdasarkan hasil observasi awal peneliti pada tanggal 22 Mei 2019 diketahui hasil belajar geografi dalam berpikir kreatif di MA/SMA belum maksimal. Hal ini dibuktikan dengan nilai mean mata pelajaran geografi beberapa kelas jurusan IPS masih dibawah 70. Tinggi rendahnya hasil belajar geografi dapat disebabkan dari faktor intrinsik yang berasal dari dalam siswa dan faktor ekstrinsik yang berasal dari luar siswa. Faktor intrinsik disini yaitu kurangnya kemampuan berpikir kreatif agar pembelajaan geografi tidak membosankan dan bersifat hafalan. Dalam hal ini penelitian hanya akan fokus terhadap keterampilanberpikirkreatif. Tujuanpenelitian ini ialah (1) menganalisis pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir kreatif di MA Negeri 1 Malang (2) menganalisis pengaruh proses sains terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa di MA Negeri 1 Malang (3) menganalisis interaksi antara model pembelajaran Project Based Learning dan proses sains terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa di MA Negeri1 Malang. Metode penelitian menggunakan analisis varians dua jalur (faktorial anova). Populasi dan sampel riset ini yaitu siswa kelas XI IPS I-IPS II MA Negeri 1 Malang sebanyak 76 peserta didik. Data penelitian terdiri dari dua jenis yaitudata yang diperoleh dari jajak pendapat untuk mengukur proses ilmu pengetahuan dan hasil dari pretest dan post test siswa untuk mengukur keterampila berpikir kreatif siswa. Penelitian ini terdiri dari tiga fase fase persiapan fase pelaksanaan fase pengolahan data dan fase pelaporan. Hasil riset menunjukkan bahwa pertama analisis dari model PjBL memiliki pengaruh signifikan terhadap pemikiran kreatif bagi siswa. Hasil hipotesis dari perhitungan faktorial anova memberikan nilai pada model PjBL yang mempengaruhi pemikiran kreatif dengan nilai signifikan sejumlah 0 001. Ini membuktikan bahwa keterampilan berpikir kreatif rata-rata (eksperimen) menggunakan model PjBL lebih meningkat dari (kontrol) menggunakan metode konvensional. Kedua terdapat pengaruh dari hasil analisis proses sains siswa terhadap keterampilan berpikir kreatif. Hasil uji hipotesis faktorial anova menunjukkan perbedaan proses sains siswa berpengaruh positif terhadap pemikiran kreatif siswadengan hasilnilai sejumlah 0 001. Rata-rata dari nilai pemikiran kreatif siswa dengan proses sains umum sejumlah 34 50 dan proses sains khusus sejumlah 36 43. Ketiga terdapat hasil analisis dari interaksi antara model PjBL dan proses sains terhadap pemikiran kreatif siswa. Hasil pengujian hipotesis faktorial anova yang menunjukkan nilai signifikansi sejumlah0 003. Terbukti apabila pemikiran kreatif siswa (eksperimen) dengan perlakuan model PjBL dan proses sains lebih baik daripada (kontrol) denganperlakuanmetode konvensional.Berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran PjBL dan proses sainsdapat mempengaruhi keterampilan berpikir kreatif siswa. Sehingga diharapkan agarriset selanjutnya dapat mengkombinasikan atau menemukan variabel lain yang dapat mempengaruhi keterampilan berpikir kreatif siswa khususnya pembelajaran geografi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113827

Actions (login required)

View Item View Item