Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam perspektif kecerdasan visual spasial siswa / Sarifah Nur Isra Jairina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam perspektif kecerdasan visual spasial siswa / Sarifah Nur Isra Jairina

Jairina, Sarifah Nur Isra (2019) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam perspektif kecerdasan visual spasial siswa / Sarifah Nur Isra Jairina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Jairina Sarifah N.I. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Persfektif Kecerdasan Visual Spasial. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo M.Si (II) Drs. I Komang Astina M.S Ph.D Keywords Model Problem Based Learning (PBL) Kecerdasan Visual Spasial Berpikir Kritis Problem Based Learning merupakan model dengan menggunakan kehidupan nyata sebagai konteks pembelajaran. Model PBL mengarahkan peserta didik untuk memberikan pengalaman dalam mendapatkan suatu informasi dalam memecahkan suatu permasalahan di lingkungan sekitar. Pembelajaran melalui model PBL membantu peserta didik untk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam mengidentifikasi masalah memberikan argumen melakukan deduksi melakukan induksi melakukan evaluasi dan memberikan kesimpulan terhadap suatu permasalahan. Mengintegrasikan model PBL dengan materi geografi dapat memberikan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis (2) mengetahui pengaruh tingkat kecerdasan visual spasial terhadap kemampuan berpikir kritis dan (3) mengetahui interaksi antara model PBL dan kecerdasan visual spasial terhadap kemampuan berpikir kritis. Perolehan data kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan soal essay sedangkan kecerdasan visual spasial menggunakan angket penilaian diri kecerdasan visual spasial. Rancangan penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian pretestposttest nonequivalent control group design. Hasil perolehan data berupa nilai gain score pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data menggunakan anova faktorial. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Purwosari. Subjek penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen adalah kelas XI IPS 1 dan kelas kontrol adalah kelas XI IPS 2. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan antara model PBL terhadap kemampuan berpikir kritsi geografi (2) terdapat pengaruh antara tingkat kecerdasan visual spasial rendah sedang dan tinggi terhadap kemampuan berpikir kritis (3) terdapat interaksi antara model PBL dan kecerdasan visual spasial terhadap kemampuan berpikir kritis. Saran yang dapat diajukan pertama yakni guru dapat menggunakan model PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan dapat mengakomodir kecerdasan visual spasial peserta didik. Kedua peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperhatikan durasi waktu pada setiap tahapan pembelajaran. i Sarifah Nur Isra Jairina S2 Pendidikan Geografi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113823

Actions (login required)

View Item View Item