Pengaruh model pembelajaran ecopedagogy berbasis masalah lingkungan lokal terhadap kompetensi ekologis siswa MAN 1 Sintang / Puri Nofianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran ecopedagogy berbasis masalah lingkungan lokal terhadap kompetensi ekologis siswa MAN 1 Sintang / Puri Nofianti

Nofianti, Puri (2019) Pengaruh model pembelajaran ecopedagogy berbasis masalah lingkungan lokal terhadap kompetensi ekologis siswa MAN 1 Sintang / Puri Nofianti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nofianti Puri. 2019. Pengaruh model pembelajaran Ecopedagogy-Berbasis Masalah Lingkungan Lokal terhadap Kompetensi Ekologis Siswa MAN 1 Sintang. Tesis. Program Studi Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (II) Drs. I Komang Astina M.S Ph. D. Kata kunci Model Pembelajaran Ecopedagogy-Berbasis Masalah Lingkung Lokal Kompetensi Ekologis Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Sintang yang mana siswa masih mengalami problematika terkait pencapaian aspek kompetensi ekologis yang berhubungan dengan kemampuan dasar terkait pemecahan permaslahan lingkungan melalui aspek pengetahuan sikap dan keterampilan. Pembelajaran menggunakan model ecopedagogy-berbasis masalah lingkungan lokal dirasa tepat untuk pencapaian aspek kompetensi ekologis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh model pembelajaran ecopedagogy-berbasis masalah lokal terhadap aspek pengetahuan dalam kompetensi ekologis Siswa MAN 1 Sintang 2) pengaruh model pembelajaran ecopedagogy-berbasis masalah lokal terhadap aspek sikap dalam kompetensi ekologis Siswa MAN 1 Sintang 3) pengaruh model pembelajaran ecopedagogy-berbasis masalah lokal terhadap aspek sikap dalam kompetensi ekologis Siswa MAN 1 Sintang. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IIS 1 dan XI IIS 2 yang mana pemilihan kelas eksperimen maupun kontrol diperoleh dari nilai rata-rata harian siswa. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan quasi experiment dengan desain penelitian pretest and posttest control group desaign. Instrumen yang digunakan dalam pengukuran aspek pengetahuan menggunakan instrumen tes essay aspek sikap menggunakan instrumen angket dan aspek keterampilan menggunakan instrumen lembar penilaian keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran ecopedagogy-berbasis masalah lingkungan lokal berpengaruh terhadap aspek pengetahuan dalam kompetensi ekologis. (2) Model pembelajaran ecopedagogy-berbasis masalah lokal berpengaruh terhadap aspek sikap dalam kompetensi ekologis. (3) Model pembelajaran ecopedagogy-berbasis masalah lingkungan lokal berpengaruh terhadap aspek keterampilan dalam kompetensi ekologis. Penelitian ini dapat menjadai reverensi dalam pengukuran kompetensi ekologsi dengan menekankan dan memperhatikan beberapa hal yang dapat digunakan sebagai saran yaitu guru dapat memberikan bekal yang cukup terkait permasalahan lingkungan pada aspek pengetahuan pemberian dan penyampaian informasi harus lebih dtekankan agar informasi tersebut dapat merubah mindset terkait permasalahan di sekitar siswa pada aspek sikap dan diharapkan guru dapat memberikan arahan dan dapat memenejemen dalam pembagian waktu presentasi dan penyelesaian karya ilmiah agar berjalan sesuai RPP pada aspek keterampilan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113822

Actions (login required)

View Item View Item