Pengaruh lingkungan keluarga dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap hasil belajar geografi di SMAN 1 Kutorejo / Nurul Miftakhul Jannah

Jannah, Nurul Miftakhul (2019) Pengaruh lingkungan keluarga dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap hasil belajar geografi di SMAN 1 Kutorejo / Nurul Miftakhul Jannah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Jannah, Nurul Miftakhul. 2019. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Geografi di SMA Negeri I Kutorejo. Tesis, Jurusan Pendidikan Geografi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd, M.Si., (2) Dr Budi Handoyo M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar, Hasil Belajar Geografi Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku yang terjadi dalam diri peserta didik meliputi tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Aspek kognitif meliputi olah pikir dari yang sederhana sampai pada yang kompleks. Aspek afektif meliputi kemampuan peserta didik dalam memperhatikan, merespon, menerima dan mewatak. Aspek psikomotorik melipti kemampuan dalam meniru, merespon, menerima dan menemukan ide-ide baru. Berdasarkan hasil observasi awal peneliti pada tanggal 13 Desember 2018 diketahui hasil belajar geografi di SMA Negeri I Kutorejo masih belum maksimal. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata mata pelajaran geografi beberapa kelas jurusan IPS masih dibawah 80. Tinggi rendahnya hasil belajar geografi dapat dipengaruhi oleh faktor intrinsik yaitu faktor yang berasal dari dalam diri peserta didik itu sendiri. Dan faktor yang berasal dari luar diri peserta didik (ekstrinsik). Faktor intrinsik disini yaitu kecerdasan intelektual, motivasi dan kecerdasan emosional. Dalam hal ini penelitian hanya akan fokus terhadap kecerdasan emosional. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana gambaran deskriptif mengenai variabel lingkungan keluarga, kecerdasan emosional dan hasil belajar geografi di SMA Negeri I Kutorejo; (2) apakah ada pengaruh langsung yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri I Kutorejo; (3) apakah ada pengaruh langsung yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar geografi di SMA Negeri I Kutorejo; (4) apakah ada pengaruh langsung yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri I Kutorejo; (5) apakah ada pengaruh tidak langsung secara signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar geografi siswa di SMA Negeri I Kutorejo; (6)seberapa besar sumbangan efektif lingkungan keluarga dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar geografi siswa di SMA Negeri I Kutorejo. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik pengujiannya menggunakan analisis jalur (path analysis). Populasi dan sampel penelitian dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII IPS I- IPS V SMA Negeri I Kutorejo. Keseluruhan siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 134 siswa. Data dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis yaitu data yang diperoleh dari guru dan data yang diperoleh dari penyebaran angket ke siswa. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pengolahan data, dan tahap pelaporan. Analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa lingkungan keluarga yang ada di SMA Negeri I Kutorejo masuk dalam kategori tinggi, dengan nilai rata-rata (mean) 143,36. Kecerdasan emosional siswa SMA Negeri I Kutorejo masuk dalam kategori sedang, dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 200,27. Hasil belajar siswa yang ada di SMA Negeri I Kutoerjo masuk dalam kategori rendah, dengan nilai rata-rata sebasar 613,61. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dengan bantuan program SPSS 16 diketahui yaitu (1) lingkungan keluarga di SMA Negeri I Kutorejo masuk dalam kategori tinggi, kecerdasan emosional siswa masuk dalam kategori sedang dan hasil belajar siswa masuk dalam kategori rendah; (2) terdapat pengaruh langsung antara lingkungan keluarga terhadap kecerdasan emosional; (3) terdapat pengaruh langsung antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar; (4) terdapat pengaruh langsung antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar; (5) terdapat pengaruh tidak langsung antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar melalui kecerdasan emosional. Berdasarkan hasil penelitian masih ada 64,3% faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Sehingga, diharapkan untuk penelitian selanjutnya dapat mengkombinasikan atau menemukan variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar geografi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113821

Actions (login required)

View Item View Item