Penerapan strategi "mind mapping" untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang dalam pembelajaran al-qira: 'ah al-ula: / Puteri Septia Rizki Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi "mind mapping" untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang dalam pembelajaran al-qira: 'ah al-ula: / Puteri Septia Rizki Handayani

Handayani, Puteri Septia Rizki (2016) Penerapan strategi "mind mapping" untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang dalam pembelajaran al-qira: 'ah al-ula: / Puteri Septia Rizki Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Handayani Puteri Septia Rizki. 2016. Penerapan Strategi Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang dalam Pembelajaran Al-Qira ah Al-U la . Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Irhamni M.Pd (2) Dra. Nur Anisah Ridwan. M.Pd. Kata kunci strategi mind mapping pemahamanmahasiswa Qira ah Kegiatan membaca pada pembelajaran Al-Qira ah Al-U la di offering A 2014 tidak jarang dihadapkan pada berbagai masalah. Salah satu permasalahan yang dihadapiadalahpemahaman mahasiswa tentang isi suatu teks. Kemampuan mahasiswa dalam memahami teks cukup baik. Namununtuk lebih meningkatkan pemahaman mahasiswa menjadi lebih baik diperlukan strategi belajar yang dapat membantu memahami dengan baik materi yang dipelajari. Sehingga pembelajaran lebih efisisen dan efektif. Salah satunya adalah strategi mind mapping. Strategi mind mapping adalah strategi merangkum materi secara visual dan grafis dalam satu halaman penuh dengan topik inti di tengah dan subtopik sebagai cabangnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan strategi mind mapping untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa JSA-UM dalam pembelajaran Al-Qira ah Al-U la serta mendeskripsikan peningkatan pemahaman mahasiswa JSA UM dengan strategi mind mapping dalam pembelajaranAl-Qira ah Al-U la . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus tiap siklus dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara angket tes dan dokumentasi. Pada penelitian ini terdapat dua jenis data yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif dianalisis menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data dan pengecekan reduksi data penyajian data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan strategi mind mappinguntuk meningkatkan pemahaman mahasiswa offering A 2014 dalam pembelajaran Al-Qira ah Al-U la berlangsung sangat efektif sebesar 73 24% pada siklus I dan 77 57% pada siklus II. (2) adanya peningkatan terhadap hasil belajar mahasiswa offering A 2014 dalam pembelajaran Al-Qira ah Al-U la setelah diterapkan strategi mind mappingdengan nilai rata-rata76.31 pada siklus I dan 87.71 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada dosen Qira ah hendaknya menerapkan strategi mind mapping sebagai variasi dalam kegiatan pembelajaran untuk membantu mahasiswa belajar secara mandiri dan meningkatkan keterampilan berbahasa Arab terutama keterampilan membaca. Kepada mahasiswa hendaknya menggunakan berbagai macam strategi belajar salah satunya strategi mind mapping untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Arab dan melatih diri untuk belajar secara mandiri. Kepada Peneliti selanjutnya hendaknya melakukan penelitian sejenis dengan menerapkan jenis strategi belajar yang lain untuk membantu meningkatkan keterampilan berbahasa Arab mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11382

Actions (login required)

View Item View Item