Strategi coping masyarakat dalam menghadapi banjir (perspektif fenomenologi) / Wahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi coping masyarakat dalam menghadapi banjir (perspektif fenomenologi) / Wahyudi

Wahyudi (2019) Strategi coping masyarakat dalam menghadapi banjir (perspektif fenomenologi) / Wahyudi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wahyudi 2019. Strategi Coping Masyarakat Dalam Menghadapi Banjir (Perspektif Fenomenologi). Tesis Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Budijanto M.Sos. (2) Dr. I Nyoman Ruja SU. Kata Kunci Strategi Coping Masyarakat Menghadapi Banjir Bencana banjir tahunan terjadi di Desa Cotnga disebabkan oleh faktor jebol tanggul irigasi sampai dua kali setahun tingginya intensitas hujan tidak mampu ditampung irigasi. Upaya yang dilakukan dengan menyiapkan Bale dan merehap tanggul irigasi untuk mencari pemahaman individu dalam memaknai banjir serta bentuk respon strategi Coping. Fokus penelitian ini (1) mendeskripsikan karakteristik individu dalam memaknai fenomena banjir tahunan (2) mendekripsikan strategi menanggulangi risiko bencana banjir tahunan (3) mendeskripsikan dampak terhadap wilayah akibat banjir tahunan (4) mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam melakukan strategi coping dan (5) mendeskripsikan Nilai-nilai yang terkandung dalam strategi coping sebagai materi mitigasi bencana alam pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini merupakan kualitatif dengan menggunakan perspektif fenomenologi Alfred Schutz tidak terlepas dari because motive dan in order to motive. Pengumpulan data melalui observasi partisipasi wawancara mendalam dokumentasi dan Focus Group Discussion. Verifikasi data dengan triangulasi member chek dan audit trail. Informan yang ditetapkan terbagi menjadi informan kunci dan pendukung individu atau informan kunci yang pernah mengalami dampak dari bencana banjir berdomisili dan mempunyai sawah. Untuk informan pendukung ialah perangkat desa yaitu Keuchik Desa Cotnga dan kaur serta tetangga dari informan kunci. Hasil penelitian sebagai berikut (1) pemahaman individu dalam memaknai banjir dengan strategi coping merupakan tindakan yang besifat arif dan beranggapan bahwa banjir teguran dari Allah banjir sudah ditunggu kedatangannya (2) bentuk strategi Coping merupakan dengan menyediakan Bale (rumah panggung) membuat saluran air merehap tanggul irigasi (3) dampak lingkungan berupa sampah jentik nyamuk padi mati terendam (4) faktor penghambat strategi Coping merupakan kurangnya fasilitas alat kerja faktor pendorong dengan kerjasama berupa gotong royong ada motif sebab dalam melakukan coping yaitu gagal panen ternak mati dan motif tujuan agar dapat meminimalisir dampak untuk hasil maksimal seperti yang diinginkan dan (5) bentuk coping sangat penting diintegrasikan dalam proses pembelajaran geografi pada materi mitigasi bencana alam dengan tujuan dapat lebih memahami konten materi secara kontekstual dan menanamkan sikap peduli lingkungan pada diri siswa. Fenomenologi Alfred Schutz menjawab motif dari tindakan individu Desa Cotnga dalam melakukan strategi Coping dan motif tujuan tindakan untuk mendapatkan hasil padi yang lebih baik dan nyaman dalam kehidupan bermasyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113818

Actions (login required)

View Item View Item