Pengaruh model Relating, Experiencing, Apllying, Cooperating, and Transferring (REACT) terhadap kemampuan memecahkan masalah dan berpikir spasial siswa SMA / Ifa Hasna Hidayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model Relating, Experiencing, Apllying, Cooperating, and Transferring (REACT) terhadap kemampuan memecahkan masalah dan berpikir spasial siswa SMA / Ifa Hasna Hidayanti

Hidayanti, Ifa Hasna (2019) Pengaruh model Relating, Experiencing, Apllying, Cooperating, and Transferring (REACT) terhadap kemampuan memecahkan masalah dan berpikir spasial siswa SMA / Ifa Hasna Hidayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hidayanti Ifa Hasna. 2019. Pengaruh Model Relating Experiencing Applaying Cooperating And Transferring (REACT) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Berpikir Spasial Siswa SMA. Tesis Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (II) Dr. Dwiyono Hari Utomo M.Pd M.Si. Kata Kunci relating experiencing applaying cooperating and transferring (REACT) memecahkan masalah berpikir spasial Proses pembelajaran di SMAN 1 sudah menggunakan kurikulum 2013 namun belum berjalan dengan maksimal. Hal ini terlihat ketika diberikan soal yang memuat suatu permasalahan masih banyak siswa yang belum bisa menguraikan solusi dari permasalahan. Siswa masih merasa kesulitan apabila mengidentifikasi permasalahan dengan menggunakan pendekatan geografi terutama pendekatan keruangan. Penerapan model REACT dalam proses pembelajaran diharapkan mampu mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model REACT terhadap kemampuan memcahkan masalah dan berpikir spasial siswa. Jenis penelitian ini termasuk quasi eksperimen atau penelitian eksperimen semu menggunakan Pretest-Postest Control Group Design. Pada awal pembelajaran dilakukan pretest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada akhir pembelajaran setelah diberi perlakuan diberikan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga nantinya hasil dari posttest dapat dibandingkan. Subjek penelitian kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan hasil Uji-t menunjukkan model pembelajaran REACT berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah dan berpikir spasial siswa. Siswa pada kelas eksperimen terlihat lebih aktif dan komunikatif pada saat diskusi kelompok berlangsung siswa berani mengungkapkan ide mereka mengenai masalah yang diberikan. Kerjasama antar anggota kelompok juga terjalin dengan baik tidak ada yang mendominasi dalam kelompok. Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan berpikir spasial mulai menunjukkan hasil. Hal ini dilihat dari kemampuan siswa dalam menentukan solusi yang tepat dan logis dalam mengatasi permasalahan yang diberikan terkait pemecahan masalah dan berpikir spasial. Saran dari penelitian yakni pembelajaran menggunakan model REACT harus memperhatikan beberapa hal dalam proses pembelajaran yaitu manajemen waktu dan pemilihan materi yang sesuai dengan karakteristik model.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113817

Actions (login required)

View Item View Item