Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam perspektif efikasi diri siswa SMA / Azni Fajrilia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam perspektif efikasi diri siswa SMA / Azni Fajrilia

Fajrilia, Azni (2019) Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam perspektif efikasi diri siswa SMA / Azni Fajrilia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fajrilia Azni. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Perspektif Efikasi Diri Siswa SMA. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Budi Handoyo M.Si. (II) Dr. Dwiyono Hari Utomo M.Pd M.Si. Kata Kunci problem based learning berpikir tingkat tinggi efikasi diri Saat ini guru menggunakan model konvensional untuk mengajar dan siswa hanya sebagai pendengar serta tidak aktif dalam proses pembelajaran. Problem based learning merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pembelajaran secara aktif mendorong siswa untuk mengidentifikasi suatu masalah mencari informasi dan mencari solusinya. berfokus pada kemampuan siswa untuk terlibat secara langsung mencari dan menyelesaikan masalah di dunia nyata sesuai dengan kemampuan berpikirnya. Model problem based learning efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam proses pembelajaran. Soal-soal yang diberikan guru mampu mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pemecahan masalah. Keyakinan atau rasa percaya diri siswa mampu membanu siswa mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. Tujuan penelitian yaitu (1) mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (2) mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (3) mengetahui pengaruh interkasi model problem based learning dan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Data yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah soal essay dan pilihan ganda sedangkan efikasi diri menggunakan angket. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan pretest posttest control group desain. Subjek penelitian di kelas ekperimen menggunakan model problem based learning di kelas XI MIPA 4 dan model konvensional di kelas XI Bahasa di MAN Kota Batu tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik perposive sampling. Hasil penelitian menggunakan analisis two way ANOVA dengan bantuan SPSS 21.0. Hasil perolehan data menggunakan nilai gain score. Hasil uji hipotesis menujukkan bahwa (1) ada pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (2) ada pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (3) ada pengaruh interkasi model problem based learning dan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113816

Actions (login required)

View Item View Item