Makna pengelolaan mata air "Maromax Oan" bagi komunitas adat Wehali / Stefania Sonia Manek - Repositori Universitas Negeri Malang

Makna pengelolaan mata air "Maromax Oan" bagi komunitas adat Wehali / Stefania Sonia Manek

Manek, Stefania Sonia (2019) Makna pengelolaan mata air "Maromax Oan" bagi komunitas adat Wehali / Stefania Sonia Manek. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Manek Stefania Sonia. 2019. Makna Pengelolaan Mata Air Maromak Oan Bagi Adat Wehali. Tesis Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Singgih Susilo M.S M.Si (II) Dr. I Nyoman Ruja SU Kata Kunci Mata Air Maromak Oan Komunitas Adat Pengelolaan In Order To Motives Because Motives Mata air Maromak Oan menjadi tempat yang dikeramatkan oleh Komunitas Adat Wehali. Hal ini disebabkan karena mata air yang merupakan bagian dari sejarah Komunitas Adat wehali. Fenomena ini menjadi latar belakang masyarakat masih mengelola mata air tersebut secara adat hingga saat ini. Ada pun tujuan dari masyarakat adat adalah untuk menjalankan dan meneruskan warisan leluhur yang wajib untuk dijaga. Selain menjalankan warisan leluhur untuk menjaga mata air Maromak Oan tindakan masyarakat memiliki tujuan untuk melestarikan sumber daya alam terlebih air yang merupakan sumber daya alam yang sangat vital bagi kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan makna yang melatarbelakangi tindakan Komunitas Adat Wehali dalam mengelola mata air Maromak Oan menggunakan pendekatan Alfred Schutz yang memandang bahwa tindakan yang dihasilkan oleh setiap orang memiliki pemaknaan sendiri oleh pelakunya atau memiliki motif tertentu because motives dan in order to motives. Subyek penelitian ini adalah masyarakat adat yang merupakan anggota Komunitas Adat Wehali yang telah menjalankan pengelolaan mata air Maromak Oan. Teknik pengumpulan data adalah melakukan observasi awal observasi partisipasi wawancara mendalam serta melaukan dokumentasi.Unit analisis dari penelitian ini adalah para individu yang mengetahui mekanisme pengelolaan dan pelestarian mata air tersebut. Hasil dalam penelitian ini adalah menemukan hal yang melatarbelakangi tindakan Komunitas Adat dalam menjalankan aktivitas pengelolaan mata air. Konteks sosial yang melatarbelakangai adalah adanya rasa memiliki mata air yang dianggap sebagai warisan luluhur yang wajib dijaga dan dilestarikan. Jika dikaji mengunakan teori Schutz konteks sosial sejarah yang tidak bisa dipisahkan dari komunitas adat menjadi motif dilakukannya pengelolaan sumber air Maromak Oan (because motives) yang memiliki tujuan untuk(in order to motives) agar mata air terus lestari dan menjalankan warisan leluhur. Selain adanya tujuan dan alasan dilaksanakan aktivitas tersebut ditemukan pula makna tindakan pengelolaan oleh Komunitas Adat Wehali yaitu mata air Maromak Oan sebagai warisan leluhur yang berharga makna pelestarian mata air makna sosial religius (kekuatan gaib) yang dapat membantu masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113815

Actions (login required)

View Item View Item