Implementasi pendidikan lingkungan hidup pada sekolah menengah atas adiwiyata di Kota Malang (studi multi situs SMAN 10 dan SMAN 2 Malang) / Ockta Christy Annastasia

Annastasia, Ockta Christy (2019) Implementasi pendidikan lingkungan hidup pada sekolah menengah atas adiwiyata di Kota Malang (studi multi situs SMAN 10 dan SMAN 2 Malang) / Ockta Christy Annastasia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Annastasia, Ockta Christy. 2019. Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup pada Sekolah Menengah Atas Adiwiyata di Kota Malang (Studi Multi Situs SMA Negeri 10 dan SMA Negeri 2 Kota Malang). Tesis, Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si., (II) Drs. I Komang Astina, M.S., Ph.D. Kata Kunci: Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH), Sekolah Adiwiyata Kota Malang Permasalahan utama kerusakan lingkungan adalah paradigma masyarakat yang masih salah dalam menanggapi permasalahan lingkungan sekitarnya. Pemerintah memberikan berbagai dukungan dalam penerapan pendidikan lingkungan hidup di sekolah, salah satunya dengan memberikan kebijakan yakni implementasi program Adiwiyata untuk semua jenjang sekolah di Indonesia. Kebijakan pemerintah tersebutlah yang akan menjadi fokus penelitian kali ini, yakni tentang (1) bagaimanakah kurikulum PLH yang digunakan, (2) implementasi PLH pada sekolah-sekolah adiwiyata di Malang, (3) bagaimana rancangan pembelajarannya, (4) juga hambatan apa saja yang ditemukan dalam pelaksanaan program adiwiyata. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif dengan rancangan penelitian studi multi situs (multi-site study). Studi multi situs digunakan karena pada penelitian ini menggunakan dua situs sekolah Adiwiyata yang sama-sama berstatus Adiwiyata Mandiri namun memiliki sejarah dan penerapan kebijakan yang berbeda. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) kurikulum yang digunakan merupakan kurikulum yang berbasis lingkungan, dimana pada setiap silabus baik intra maupun ekstra, juga RPP pada semua mata pelajaran harus dikaitkan dengan kegiatan yang bertujuan untuk membentuk karakter peduli lingkungan, (2) rancangan pembelajaran dapat disadurkan dengan kebijakan yang sudah dibuat sekolah, seperti di SMAN 2 Malang memiliki kegiatan bernama SMANDA DARLING yang wajib dilakukan oleh seluruh warga sekolah, juga SMAN 10 Malang yang unggul dalam program UKSnya, (3) implementasi pendidikan lingkungan hidup pada sekolah adiwiyata ini dimulai dari visi misi dan tujuan yang telah ditetapkan oleh sekolah tersebut. Visi misi dan tujuan harus berkaitan dengan lingkungan hidup, (4) beberapa hambatan ditemukan dalam penelitian ini, diantaranya kurangnya dukungan atau pastisipasi dari berbagai pihak baik dalam sekolah maupun luar sekolah, kurangnya sokongan dana dari pemerintah untuk pemenuhan kebutuhan implementasi kebijakan, juga kurangnya reward yang diberikan kepada setiap dukungan yang diperoleh sehingga menyebabkan kelemahan dalam hal partisipasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113813

Actions (login required)

View Item View Item