Pemanfaatan media circular card untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran kosakata bahasa arab siswa kelas VII MTs Al-Ittihad Belung Poncokusumo Malang / Laila Nurul Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media circular card untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran kosakata bahasa arab siswa kelas VII MTs Al-Ittihad Belung Poncokusumo Malang / Laila Nurul Azizah

Azizah, Laila Nurul (2016) Pemanfaatan media circular card untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran kosakata bahasa arab siswa kelas VII MTs Al-Ittihad Belung Poncokusumo Malang / Laila Nurul Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Azizah Laila Nurul Pemanfaatan Media Circular Card Untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Al-Ittihad Belung Poncokusumo Malang. skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Dr.Nurhidayati M.Pd . Pembimbing II Laily Maziyah.M.Pd. Kata kunci Media Circular Card Pembelajaran Kosa Kata Circular card merupakan media berbentuk lingkaran yang dalam setiap bagiannya diberi gambar pada masing-masing belahannya dan dituliskan kosa kata dibelakang gambar tersebut atau mencantumkan dibawah gambar tersebut. Media pembelajaran merupakan salahsatu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Pemanfaatan media seharusnya merupakan bagian yang harus mendapat perhatian guru atau fasilitator dalam setiap kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu guru atau fasilitator perlu mempelajari bagaimana menetapkan media pembelajaran dan memanfa atkannya agar dapat mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran kosa kata sangatlah penting bagi para pelajar khususnya bagi pembelajar bahasa asing. Kosa kata (Mufradat) merupakan salah satu unsur bahasa yang harus dikuasai oleh pembelajaran bahasa asing untuk dapat memperoleh kemahiran berkomunikasi dengan bahasa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas proses dan hasil penerapan media Circular Card dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab. Peneliti yang bertindak langsung sebagai guru pengajar bahasa Arab (instrumen aktif) dapat lebih mudah dalam memperoleh data terhadap kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media Circular Card. Selain itu peneliti juga dapat mengetahui respon dan aktivitas siswakelas di MTs Al-Ittihad Malang dalam menerapkan media Circular Card pada pembelajaran kosakata bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah pencermatan dalam bentuk tindakan terhadap kegiatan belajar yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. ( Penelitian tindakan kelas ini dilakukan setelah peneliti observasi dan wawancara dengan guru bidang studi bahasa Arab ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan Media Circular Card untuk pembelajaran kosa kata Bahasa Arabdapat dilihat masing-masing siklus terdiri atas tiga kali pertemuan. Siklus I tiga pertemuan dan siklus II tiga pertemuan. Pertemuan pertama dilakukan pengenalan tentang Circulart Card. Sedangkan pertemuan kedua digunakan untuk melatih siswa dalam melafalkan teks bahasa Arab kemudian pertemuan ketiga diterapkan pembelajarandengan menggunakan Circular Card. (2) keterampilan siswa dalam membacadan menghafalkan teks bahasa Arab dengan pembelajaran media Circular Card mengalami peningkatan. Pada pertemuan ketiga siklus I diketahui pada tahap diskusi kelas sebagian siswa kurang aktif untuk menyampaikan atau memberikan sanggahan pendapat ketika diskusi berlangsung namun di pertemuan ketiga siklus II sudah mengalami peningkatan. Siswa juga merasa terbantu dalam memahami isi teks bahasa Arab dengan pembelajaran menggunakan Circular Card yang diselingi dengan metode permainan. Dari data yang didapatkan diketahui bahwa hasil rata-rata keterampilan membacadan menghafal Kosta kata bahasa Arab yang diperoleh siswa pada pre tes 73 8% pada siklus I adalah 83 1% dan 88 4% pada siklus II. Sedangkan dari hasil persentase ketuntasan belajar diperoleh 100% pada siklus I dan 100% pada siklus II. Secara keseluruhan data hasil tes menyatakan bahwa setelah penerapan media Circular Cards nilai rata-rata kelas 75 meningkat dari sebelumnya. Sebagian besar siswa mendapatkan nilai di atas SKM karena siswa dapat menyebutkan kata benda dengan tepat. Selain itu siswa juga dapat menjawab soal tes dalam konteks. Dengan demikian penerapanmedia Circular Card terbukti telah mempermudah siswa dalam menerima materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11381

Actions (login required)

View Item View Item