Pengaruh model pembelajaran service learning terhadap sikap peduli lingkungan dan kemampuan menulis karya ilmiah siswa SMA / Rosalia Mulyani

Mulyani, Rosalia (2019) Pengaruh model pembelajaran service learning terhadap sikap peduli lingkungan dan kemampuan menulis karya ilmiah siswa SMA / Rosalia Mulyani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Mulyani,Rosalia.2019.Pengaruh Model Pembelajaran Service Learning Terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah siswa Pada Siswa SMA. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sumarmi, M,Pd (2) Dr.Didik Taryana, M.Si. Kata Kunci: Model Service Learning, Sikap Peduli Lingkungan, Kemampuan Menulis Karya Ilmiah. Kepedulian terhadap lingkungan dapat dinyatakan dengan sikap mendukung atau memihak terhadap lingkungan yang dapat diwujudkan dalam kesediaan diri untuk terlibat dalam menjaga, merawat dan membersihkan lingkungan serta memelihara kualitas lingkungan tersebut.. Pembelajaran dengan model Service Learning merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang berupaya dan mampu menjembatani teori akademik dengan permasalahan yang nyata terjadi dilingkungan sekitar. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Kuwus Golowelu dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Service Learning Terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Kemampuan menulis Karya Ilmiah pada Siswa SMA. Pemilihan model Service Learning didasarkan pada karakteristik dari modelnya sendiri, yang lebih menitikberatkan peran sentral siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experiment). Dengan desain penelitian Pretest dan Postest 2x2 faktorial group design. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI SMAN 1 Kuwus Golowelu kabupaten Manggarai Barat. Subyek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol yang dipilih berdasarkan rekomendasi dari guru mata pelajaran geografi yang bersangkutan. Kelas eksperimen yaitu siswa kelas XI-IPS 1 dan kelas kontrol yaitu siswa XI-IPS 3. Instrumen dalam penelitian ini berupa Angket untuk mengukur sikap peduli lingkungan dan untuk mengukur kemampuan menulis karya ilmiah siswa menggunakan lembar penilaian karya ilmiah yang diadaptasi dari LPIR 2014 UM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Ada perbedaan sikap antara siswa yang belajar dengan menggunakan model dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Pengaruh perbedaan terhadap sikap peduli lingkungan tersebut terlihat dari analisis gain score melalui two way annova diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh dengan nilai rata-rata gain score sebesar 17,17%; (2) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis karya ilmiah komplek dan sederhana terlihat dari nilai signifikansi 0,945 > 0,05 maka H0 diterima dan H1 ditolak.(3) terdapat interaksi antara model pembelajaran Service Learning terhadap sikap peduli lingkungan dan kemampuan menulis karya ilmiah, terlihat dari analisis gain score melalui two way annova diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak H1 diterima sehingga terdapat interaksi. Rata-rata sikap peduli lingkungan kelas eksperimen dan kemampuan menulis karya ilmiah kompleks kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Saran dari penelitian ini antara lain tenaga pendidik geografi sebaiknya untuk lebih kreatif dalam mengaplikasikan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi rill yang terjadi, sehingga dapat meningkatkan sikap peduli siswa terhadap lingkungan sekitar secara signifikan dengan memilih masalah kontekstual juga dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karya ilmiah , karena terbukti dari hasil penelitian ini bahwa memberi hasil yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113809

Actions (login required)

View Item View Item