Pengaruh model pembelajaran Skimming Mind Mapping Questioning Exploring Writing Communicating (SIMAS ERIC) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa geografi MA Unwanul Falah Nahdatul Wathan Pao' Lomboq Lombok Timur / Emilia Agustina

Agustina, Emilia (2019) Pengaruh model pembelajaran Skimming Mind Mapping Questioning Exploring Writing Communicating (SIMAS ERIC) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa geografi MA Unwanul Falah Nahdatul Wathan Pao' Lomboq Lombok Timur / Emilia Agustina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Agustina, Emilia. 2019 Pengaruh Model pembelajaran Skimming Mind Mapping Questioning Exploring Writing Communicating (SIMAS ERIC) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa MA Unwanul Falah Nahdatul Wathan Pao’ Lomboq Lombok Timur. Tesis. Pascasarjana Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd (II) Dr. I Nyoman Ruja, S.U Kata Kunci: SIMAS ERIC, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar. Model pembelajaran SIMAS ERIC merupakan salah satu model pembelajaran inovatif berbasis konstruktivis yang menekankan pada pembelajaran student centered melalui kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Sintaks model pembelajaran SIMAS ERIC terdiri dari: (1) Skimming (2) Mind mapping (3) Questioning (4) Exploring (5) Writing (6) Communicating. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SIMAS ERIC terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa geografii MA pada KD 3.5 menganalisis dinamika kependudukan di Indonesia untuk perencanaan pembangunan. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu XI IPS I sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS II sebagai kelas kontrol. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol berdasarkan nilai geografi masing-masing kelas. Dari kedua kelas yang memiliki nilai rata-rata yang paling rendah akan menjadi kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar diukur menggunakan tes essay. Data hasil pengukuran dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t-tes dengan bantuan program SPSS 21.0 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model SIMAS ERIC berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa geografi MA karena dengan menggunakan model ini siswa akan lebik aktif, mandiri dalam belajar sehingga penguasaan materi lebih cepat dipahami, (2) model SIMAS ERIC berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa geografi MA karena dengan model ini siswa dituntut belajar mandiri sehingga kesiapan belajar siswa dalam belajar lebih tinggi dan siswa dapat meguasai materi yang diberikan. Saran dari penelitian ini diantaranya (1) bagi guru: guru geografi hendaknya menggunakan model SIMAS ERIC sebagai salah satu alternatif model dalam pembelajaran karena dapat melatih dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa dan disarankan untuk memberikan bimbingan dengan menyampaikan poin penting yang harus dituliskan pada tahap mind mapp, pada tahap communicating memperhatikan pembagian waktu karena pada tahap ini membutuhkan waktu yang cukup lama . (2) peneliti selanjutnya: Melakukan penelitian dengan mengangkat kasus permasalahan pembelajaran yang ada disuatu wilayah dan disarankan dalam penelitian ini dapat menambah variabel lain dan dapat dilakukan pada materi lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113807

Actions (login required)

View Item View Item