Pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap keterampilan metakognitif dalam perspektif gaya berpikir siswa geografi di SMA / Sudiana Ikhtiar

Ikhtiar, Sudiana (2019) Pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap keterampilan metakognitif dalam perspektif gaya berpikir siswa geografi di SMA / Sudiana Ikhtiar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Sudiana, Ikhtiar. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (SSCS) Terhadap Keterampilan Metakognitif Dalam Perspektif Gaya Berpikir Siswa Geografi Di SMA. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd., (II) Dr. Budi Handoyo, M.Si. Keywords: Pembelajaran SSCS, Keterampilan Metakognitf, Gaya Berpikir. Keterampilan metakognitif merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan oleh guru dan harus diberdayakan untuk menciptakan kemandirian siswa dalam belajar. Pembelajaran yang masih bersifat teacher center sertakurangnya penggunaan strategi ataupun model pembelajaran merupakan salah satu penyebab kemandirian siswa dalam belajar semakin rendah, kurangnya penerapan pembelajaran yang bersifat kontekstual juga menyebabkan kemampuan siswa dalam menganalisis suatu masalah rendah karena tidak dibiasakan untuk berpikir mandiri dan mengatur cara belajarnya sendiri. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui perbedaan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran SSCS terhadap keterampilan metakognitif dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. (2) untuk mengetahui perbedaan keterampilan metakognitif terhadap gaya berpikir siswa, (3) untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran SSCS terhadap keterampilan metakognitif siswa. keterampilan metakognitif tidak hanya dilihat dari model pembelajaran yang digunakan melainkan gaya berpikir siswa juga karena di dalam kelas terdapat pola pikir siswa yang berbeda yaitu ada yang berpikir divergen dan adapula siswa yang berpikir konvergen. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian pretst dan post test 2x2 factorial group design. Penelitian ini mengkaji 3 variabel yaitu variabel bebas model search solve create and share (SSCS) dan konvensional (X1), sedangkan variabel moderator yaitu gaya berpikir konvergen dan gaya berpikir divergen (X2) dan variabel terikat yaitu keterampilan metakognitif (Y). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis two way anova. Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan metakognitif dalam perspektif gaya berpikir siswa di SMA Negeri 3 Selong Lombok Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan model pembelajaran SSCS terhadap keterampilan metakognitif siswa dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 sehingga H0 ditolak dan HI diterima, (2) tidak ada perbedaan gaya berpikir terhadap keterampilan metakognitif siswa dengan nilai signifikansi 0,944>0,05 sehingga H0 diterima dan HI ditolak(3) tidak ada interaksi antara model pembelajaranSSCSterhadap keterampilan metakognitif siswa dengan niali signifikansi 0,296>0,05 sehingga H0 diterima dan HI ditolak. Peneliti selanjutnya diharapkan untuk membedakan siswa yang berpikir divergen dan siswa yang berpikir konvergen ketika di dalam kelas. Hal tersebut dilakukan supaya peneliti dapat membedakan apakah siswa yang berpikir divergen lebih unggul dari pada siswa yang berpikir konvergen atau sebaliknya. Selain itu penelitian ini perlu dikembangkan lagi, siswa diajarkan tidak hanya cara menyelesaikan permasalahan tapi perlu juga untuk melatih siswa dalam merumuskan masalah serta membuat suatu konsep. Untuk sekolah diharapkanmerealisasikan model pembelajaran SSCS kepada para guru baik guru geografi ataupun guru mata pelajaran yang lain dengan cara bimbingan ataupun pelatihan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan mutu pendidikan. Serta guru diharapkan mampu menggunakan model pembelajaran yang berbasis masalah seperti model SSCS ini dan model-model lainnya untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa dalam memecahkan masalah dan juga untuk meningkatkan kualitas pendidikan. ii ABSTRACK Sudiana Ikhtiar. 2018. Effects Of Search, Solve, Create, And Share (Sscs) Learning Models On Metacognitive Skills In Perspektive Of Style of Geography Student Thinking In High School. Thesis. Department Of Geography Education, Postgraduate Of Malang State Universitiy. Advisor: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd., (II) Dr. Budi Handoyo, M.Si Keywords: SSCS Learning, Metacognitive Skills, Thinking Style. Metacognitive skills are one aspect that needs to be considered by teachers and must be empowered to create students' independence in learning. Learning that is still teacher center and lack of use of strategies or learning models is one of the causes of student independence in learning is lower, besides the lack of application of contextual learning also causes the ability students in analyzing a problem are also low because they are not accustomed to thinking independently and regulating their own learning methods. The purpose of this study is (1) to determine the differences in students who learn by using SSCS learning on metacognitive skills with students learning with conventional learning. (2) to determine differences in thinking styles towards students 'metacognitive skills, (3) to determine the interaction between SSCS learning models towards students' metacognitive skills. However, students' metacognitive skills are not only seen from the learning model used but also the student's thinking style. Because in the class there is a different mindset of students, there are those who think divergently and there are students who think convergently The desain a quasi-experimental (Quasi Experiment) design with a 2x2 factorial group design pretst and post test. This study examines 3 variables, namely the independent variable create and share (SSCS) search model and conventional (X1), while the moderator variable is convergent thinking style and divergent thinking style (X2) and the dependent variable is metacognitive skills (Y). The data analysis used in this study is two way ANOVA analysis. This study aims to determine metacognitive skills in the perspective of students' thinking styles in Selong 3 East Lombok High School. The results showed that (1) there was differences in the SSCS learning model on the metacognitive skills of students with a significance value of 0,000 <0.05 so that H0 was rejected and HI was accepted, (2) there was no difference in thinking styles towards students' metacognitive skills with a significance value of 0.944> 0, 05 so that H0 is accepted and HI is rejected (3) there is no interaction between the SSCS learning model on the metacognitive skills of students with a significance value of 0.296> 0.05 so that H0 is accepted and HI is rejected. Future researchers are expected to be able to distinguish between students who think divergently and students who think convergently when in class. This is done so that researchers can distinguish whether students who think divergently are superior to students who think convergently or vice versa. besides this research needs to be developed again, students are taught not only how to solve problems but also need to train students in formulating problems and making concepts. For schools it is expected to realize the SSCS learning model for teachers both geography teachers and other subject teachers by means of guidance or training as an alternative in improving the quality of education. And the teacher is expected to be able to use problem-based learning models such as this SSCS model and other models to improve students' reasoning abilities in solving problems and also to improve the quality of education.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113806

Actions (login required)

View Item View Item