Analisis pola dan fungsi jumlah ismiyah dan jumlah fi'liyah pada al Qur'an surat Ar Rahman / Iyan Yuliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pola dan fungsi jumlah ismiyah dan jumlah fi'liyah pada al Qur'an surat Ar Rahman / Iyan Yuliana

Yuliana, Iyan (2016) Analisis pola dan fungsi jumlah ismiyah dan jumlah fi'liyah pada al Qur'an surat Ar Rahman / Iyan Yuliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuliana Iyan. 2016. Analisis Pola dan Fungsi Jumlah Ismiyah dan Jumlah Fi liyah pada Al Qur an Surat Ar Rahman. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Moh. Khasairi M.Pd. (2) Laily Maziyah S.Pd. M.Pd. Kata kunci jumlah ismiyah jumlah fi liyah pola fungsi Peneliti melakukan penelitian tentang analisis pola dan fungsi jumlah ismiyah dan fi liyah pada Al Qur an Surat Ar Rahman berdasarkan beberapa alasan pertama struktur kalimat pada teks Al Qur an sudah mutlak kebenarannya sehingga dapat menjadi contoh kalimat bahasa Arab yang baik dan ideal kedua surat Ar Rahman sudah sangat dikenal di kalangan masyarakat Indonesia sehingga diharapkan mampu menarik minat pembelajar bahasa Arab ketiga jumlah ismiyah dan jumlah fi liyah adalah materi yang cukup penting untuk dipelajari bagi para pembelajar bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola dan fungsi jumlah ismiyah dan jumlah fi liyah dalam Al Qur an Surat Ar Rahman yang meliputi (1) pola-pola jumlah ismiyah pada surat Ar Rahman (2) pola-pola jumlah fi liyah pada surat Ar Rahman (3) fungsi dari jumlah ismiyah pada surat Ar Rahman (4) fungsi dari jumlah fi liyah pada surat Ar Rahman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Al Qur an Surat Ar Rahman. Data yang diambil berupa kalimat yang terdapat dalam Al Qur an Surat Ar Rahman. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument) sedangkan instrumen pembantunya berupa tabel-tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua pola jumlah ismiyah pada surat Ar Rahman yaitu (1) mubtada khabar dan (2) khabar muqaddam mubtada muakhkhar. Sedangkan pola-pola jumlah fi liyah yang terdapat pada surat Ar Rahman terdiri atas 5 macam pola kalimat antara lain (1) fi il fa il (2) fi il fa il maf ul bih (3) fi il mabni majhul na ibul fa il (4) fi il maf ul bih fa il dan (5) maf ul bih fi il fa il maf ul bih (dlamir). Fungsi dari jumlah ismiyah pada surat Ar Rahman yaitu untuk membantah memotivasi mengancam menunjukkan kekuasaan Allah dan menunjukkan betapa Allah Maha Pengasih serta menunjukkan kebesaran dan keagungan-Nya. Sedangkan fungsi dari jumlah fi liyah pada surat ini adalah untuk memotivasi mengancam menyuruh berhati-hati menunjukkan keagungan dan kebesaran-Nya menunjukkan betapa Allah Maha Pengasih dan menunjukkan kekuasaan Allah. Peneliti berharap akan ada penelitian lain yang sejenis dengan penelitian ini akan tetapi pada teks selain surat Ar Rahman maupun teks selain Al Qur an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11380

Actions (login required)

View Item View Item