Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas VII A MTs. Sultan Agung Kecamatan Sumbergempol Tulungagung / Anita Imroatus Shofiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas VII A MTs. Sultan Agung Kecamatan Sumbergempol Tulungagung / Anita Imroatus Shofiana

Shofiana, Anita Imroatus (2016) Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas VII A MTs. Sultan Agung Kecamatan Sumbergempol Tulungagung / Anita Imroatus Shofiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Shofiana Anita Imroatus. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas VII A MTs Sultan Agung Kecamatan Sumbergempol Tulungagung. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Imam Asrori (II) Dr. Ahmad Munjin Nasih M.Ag Kata Kunci model pembelajaran keterampilan membaca snowball throwing Membaca merupakan sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran bahasa Arab di MTs adalah untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Arab yang mencakup empat keterampilan berbahasa menyimak berbicara membaca dan menulis. Untuk mencapai tujuan pembelajaran diperlukan adanya suatu metode atau model pembelajaran yang sesuai. Ada berbagai macam model pembelajaran yang bisa diterapkan oleh guru. Model-model pembelajaran tersebut digunakan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran yang terjadi. Salah satu dari model pembelajaran tersebut adalah snowball throwing. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran snowball throwing dalam pembelajaran keterampilan membaca kelas VII A MTs Sultan Agung mendeskripsikan efektifitas penggunakan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas VII A MTs Sultan Agung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dalam penelitian ini ada dua macam yaitu data kuantitatif dan dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pree tes dan post tes. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara observasi dan angket. Penelitiana ini dilaksansakan dalam dua siklus. Setiap satu siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan. Pertemuan pertama untuk penyampaian materi dan pertemuan kedua untuk evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan membaca siswa kelas VII A baik membaca lantang maupun pemahaman mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran dengan model snowball throwing. Pernyataan tersebut berdasarkan data berikut nilai rata rata membaca (pemahaman) pada saat pree tes mencapai 58. Nilai tersebut belum mencapai KKM yang ditentukan sekolah yaitu 70. Setelah diadakan tindakan pada siklus I diperoleh hasil nilai rata rata siswa naik menjadi 74. Sedangkan pada siklus II nilai rata rata siswa juga mengalami kenaikan menjadi 83. Untuk nilai rata rata membaca lantang pada saat pree tes mencapai 64. Setelah penerapan siklus I meningkat menjadi 71 dan pada siklus II menjadi 76. Kenaikan nilai siswa ini dipengaruhi oleh minat belajar siswa yang tinggi. Munculnya minat belajar ini dipengaruhi oleh rasa senang yang dirasakan siswa pada saat pembelajaran dengan model ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11378

Actions (login required)

View Item View Item