Analisis latihan-latihan soal dalam buku teks bahasa Arab kurikulum 2013 kelas X Madrasah Aliyah / Hasna Qonita Khansa - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis latihan-latihan soal dalam buku teks bahasa Arab kurikulum 2013 kelas X Madrasah Aliyah / Hasna Qonita Khansa

Khansa, Hasna Qonita (2016) Analisis latihan-latihan soal dalam buku teks bahasa Arab kurikulum 2013 kelas X Madrasah Aliyah / Hasna Qonita Khansa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khansa Hasna Qonita. 2016. Analisis Latihan-Latihan Soal dalam Buku Teks Bahasa Arab Kurikulum 2013 Kelas X Madrasah Aliyah. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Moh. Ainin M.Pd. (II) Moh. Ahsanuddin S.Pd. M.Pd. Kata Kunci latihan-latihan soal buku teks Bahasa Arab madrasah aliyah Latihan-latihan soal merupakan salah satu sarana guru untuk mengevaluasi tingkat pencapaian sasaran. Ciri-ciri tes yang baik adalah memiliki validitas reabilitas objektivitas dan sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditetapkan. Penyusunan tes bahasa dilandasi oleh dasar-dasar filosofis atau yang lazim disebut pendekatan tes bahasa. Pendekatan tes bahasa dibedakan menjadi lima jenis yaitu pendekatan tradisional pendekatan diskret pendekatan integratif pendekatan pragmatik dan pendekatan komunikatif. Selain itu dalam pemilihan jenis tes berdasarkan bentuk jawaban juga perlu diperhatikan. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum masa kini. Maksudnya kurikulum yang digunakan beberapa tahun terakhir ini hingga saat ini. Kelas X Madrasah Aliyah karena tingkat ini merupakan tahap awal dalam jenjang Madrasah Aliyah yang mana tingkat ini termasuk tahap pemula. Oleh karena itu penelitian ini membahas mengenai latihan-latihan soal dalam buku teks bahasa Arab untuk kelas X Madrasah Aliyah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal dalam buku teks Bahasa Arab kurikulum 2013 untuk kelas X Madrasah Aliyah yaitu pendekatan tes bahasa latihan-latihan soal jenis tes berdasarkan bentuk jawaban kompetensi dasar dan indikator serta kesesuaian latihan-latihan soal dengan kompetensi dasar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Data dari penelitian ini adalah latihan-latihan soal yang terdapat dalam buku teks bahasa Arab kelas X kurikulum 2013. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri karena peneliti sebagai pelaksana penelitian melaksanakan pendeskripsian serta menganalisis secara individu. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik dokumenter karena data yang dikumpulkan berupa dokumen. Hasil analisis data dari penelitian ini terdapat empat simpulan yaitu (1) pendekatan tes yang terdapat dalam buku teks Bahasa Arab kurikulum 2013 untuk kelas X madrasah Aliyah terdiri dari tes diskret tes integratif dan tes pragmatik. Sedangkan pendekatan tes tradisional dan tes komunikatif tidak terdapat pada buku teks tersebut. Deskripsi persentase tiap pendekatan tes adalah sebagai berikut pendekatan tes diskret sebesar 34 26% atau sejumlah 222 butir soal pendekatan tes integratif sebesar 57 87% atau 375 butir soal dan pendekatan tes pragmatik sebesar 7 87% atau 51 butir soal (2) jenis tes berdasarkan jawaban pada buku teks bahasa Arab kurikulum 2013 untuk kelas X Madrasah Aliyah terdiri dari tes pilihan dan tes jawaban pendek. Tes jawaban pendek adalah jenis tes yang mendominasi buku teks tersebut. Deskripsi tiap jenis tes adalah sebagai berikut tes jawaban pendek sebesar 62 81% atau 407 butir soal dan tes pilihan sebesar 37 19% atau 241 butir soal (3) kompetensi dasar pada buku teks bahasa Arab kurikulum 2013 untuk kelas X Madrasah Aliyah yang tertera pada tiap awal bab tidak terdapat perbedaan yang signifikan perbedaan hanyalah terdapat pada tema dan struktur atau unsur kebahasaan yang dibahas dan (4) kesesuaian latihan-latihan soal pada buku teks bahasa Arab kurikulum 2013 untuk kelas X Madrasah Aliyah dengan kompetensi dasar yang tertera di awal bab terdapat lebih dari 50% latihan-latihan soal yang sesuai dengan kompetensi dasar yang ada. Dalam setiap bab terdiri dari empat kemahiran berbahasa (kemahiran menyimak kemahiran berbicara kemahiran membaca kemahiran menulis) dan dilengkapi dengan pemahaman qawaid atau tarkib.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11376

Actions (login required)

View Item View Item