Tahlil al-kitabi al-madrasiyyi lil-lughoti al-Arabiyyati lil-fashlil 'asyir fi madrasati Nurul Insan ats-tsanawiyah al-Islamiyah al-ahliyyah fi wilayati Trang bimanlakoti Thailand / Muhammad Nashi Huddin Ubaidillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Tahlil al-kitabi al-madrasiyyi lil-lughoti al-Arabiyyati lil-fashlil 'asyir fi madrasati Nurul Insan ats-tsanawiyah al-Islamiyah al-ahliyyah fi wilayati Trang bimanlakoti Thailand / Muhammad Nashi Huddin Ubaidillah

Ubaidillah, Muhammad Nashi Huddin (2016) Tahlil al-kitabi al-madrasiyyi lil-lughoti al-Arabiyyati lil-fashlil 'asyir fi madrasati Nurul Insan ats-tsanawiyah al-Islamiyah al-ahliyyah fi wilayati Trang bimanlakoti Thailand / Muhammad Nashi Huddin Ubaidillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ubaidillah Muhammad Nashi Huddin. 2016. Analisis Buku Teks Bahasa Arab Kelas X Madrasah Aliyah Nurul Insan Provinsi Trang Thailand. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Nurul Murtadho M.Pd . (2) Ali Ma sum S.Pd M.A. Kata Kunci Buku Teks Materi Pelajaran Madrasah Aliyah Thailand. Salah satu media pembelajaran yang umum digunakan dalam proses belajar pembelajaran adalah Buku Teks. Al- Arify (1432 H 11) berpendapat bahwa Buku Teks adalah sumber utama bagi peserta didik. Di Kelas X MA Nurul Insan Provinsi Trang Thailand Buku Teks menjadi salah satu media yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Arab. Buku tersebut memuat beberapa materi pelajaran yang menarik untuk dibahas. Oleh sebab itu peneliti berkeinginan untuk menganalisis kandungan materi yang termuat di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) materi pelajaran yang disajikan oleh Buku Teks dari segi empat kemahiran berbahasa kaidah-kaidah kebahasaan serta latihan-latihan soal dan (2) karakteristik bentuk cetakan Buku Teks tersebut. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun data yang diteliti adalah materi pelajaran yang disajikan oleh Buku Teks dan karakteristik bentuk cetakannya. Sumber datanya adalah Buku Teks Bahasa Arab untuk Kelas X MA Nurul Insan Provinsi Trang Thailand cetakan tahun 1432 H. Pengumpulan datanya dengan cara dokumenter. Analisis datanya dengan cara mengklasifikasikan materi pelajaran yang disajikan oleh Buku Teks dan karakteristik bentuk cetakannya kemudian menafsirkannya dan meringkas hasilnya. Uji keabsahan datanya dengan meninjau ulang hasil penelitian dengan cermat. Adapun instrumen penelitian hanya menggunakan analisis dari peneliti sendiri. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Buku Teks tersebut memuat 9 Bab yakni Uslub Al-Istifham Wa Jawabuhu Asma Al-Isyarah Al-Asma Al-Maushulah As-Siffah Wa Anwa uha Al-Qishshoh Wa Al-Hikayah Al-Asma Al-Khomsah Wa I rabuha At-Tamyiz Al- Adad dan An-Nawasikh. Buku Teks tersebut memuat 3 materi untuk kemahiran berbicara dan 8 materi untuk kemahiran membaca. Kemahiran mendengar dan menulis belum disajikan dalam Buku Teks tersebut. Sedangkan mengenai kaidah kebahasaan telah disajikan dalam semua Bab. Materi tentang kaidah kebahasaan disajikan dengan menggunakan dua metode yaitu penyajian dengan metode deduktif dan induktif. Penggunaan metode penyajian deduktif dapat ditemukan dalam Bab 1 Bab 5 dan Bab 6. Sedangkan metode induktif dapat terlihat penggunaannya dalam Bab 2 Bab 3 Bab 4 Bab 7 Bab 8 dan Bab 9. Buku Teks ini memuat bentuk evaluasi pembelajaran dalam latihan-latihan soal yang meliputi aspek afektif kognitif dan psikomotorik. Adapun bentuk evaluasi latihan soal terbagi dalam latihan soal afektif sebesar 38 2% soal koginitf 44 7% dan soal psikomotorik 17 1%. Secara umum karakteristik bentuk cetakan Buku Teks tersebut memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Buku teks tersebut telah memiliki bentuk cetakan yang bagus ditinjau dari segi volume buku bentuk sampul jenis penjilidan jenis kertas huruf buku pendahuluan buku dan daftar isi buku. Ketujuh karakteristik tersebut sesuai dengan teori karakteristik cetakan buku teks yang baik. Sedangkan yang masih perlu disempurnakan yakni dari segi jumlah halaman pemberian harakat atau syakal pada huruf dan pencantuman daftar rujukan. Hal tersebut dinilai perlu disempurnakan karena tidak adanya materi kemahiran mendengar dan menulis di dalam Buku Teks tersebut dan huruf-huruf yang tercantum di dalamnya tidak dilengkapi dengan harakat atau syakal serta tidak adanya daftar rujukan di dalam Buku Teks tersebut. Hasil penelitian terhadap Buku Teks Bahasa Arab untuk kelas X MA Nurul Insan Provinsi Trang Thailand diharapkan dapat menjadi rujukan untuk melakukan pengembangan penelitan lanjutan baik dengan buku teks yang sama ataupun dengan Buku Teks Bahasa Arab di Indonesia. Peneliti selanjutnya dapat menganalisis dari segi yang lain seperti metode penyusunan Buku Teks koreksi kesalahan bahasa dan tata bahasa dan psikolinguistik. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan para guru Bahasa Arab di Thailand bisa menyusun Buku Teks Bahasa Arab yang lebih baik bagi pengajar atau peserta didik yang bukan penutur asli Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11374

Actions (login required)

View Item View Item