Pembelajaran kosakata bahasa Arab dengan media kartu untuk anak kelompok B PAUD Bunga Mulia Bedali Kediri / Ana Cholifaturohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran kosakata bahasa Arab dengan media kartu untuk anak kelompok B PAUD Bunga Mulia Bedali Kediri / Ana Cholifaturohmah

Cholifaturohmah, Ana (2016) Pembelajaran kosakata bahasa Arab dengan media kartu untuk anak kelompok B PAUD Bunga Mulia Bedali Kediri / Ana Cholifaturohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cholifaturohmah Ana. 2015. Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Dengan Media Kartu Untuk Anak Kelompok B di PAUD Bunga Mulia Bedali Kediri. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Nurhidayati M.Pd. (II) Dr. Lilik Nur Kholidah M.Pd.I. Kata Kunci Pembelajaran Kosakata Kartu Kata PAUD Pembelajaran Bahasa Arab pada tingkat pendidikan anak usia dini di beberapa lembaga belum mendapatkan perhatian secara khusus. Sebagaimana hasil observasi yang telah peneliti lakukan terdapat 2 PAUD 4 Roudlotul Athfal (RA) 2 Taman Kanak-kanak (TK) dan 1 Tapas (Taman Pendidikan Anak Sholeh) di desa bedali. Beberapa lembaga tersebut (kecuali TK) telah mengajarkan bahasa Arab namun belum secara rutin. Hal ini bertolak belakang dengan kenyataan yang harus dihadapi anak didik saat memasuki pendidikan formal (SDI/MI yang dituntut untuk dapat menguasai kosakata bahasa Arab dengan baik. Hal tersebut merupakan salah satu permasalahan yang terjadi di PAUD Bunga Mulia. Hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti menyatakan bahwa guru pengajar di kelompok ini dituntut untuk dapat menyampaikan pembelajaran kosakata bahasa Arab untuk anak didiknya secara intensif. Namun kurangnya media serta tenaga pengajar yang profesional merupakan faktor mendasar yang menjadikan bahasa Arab belum diajarkan secara rutin di PAUD ini. Sehingga perlu adanya tindakan yang nyata untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran bahasa Arab dengan media kartu dan mendeskripsikan peningkatan pemerolehan kosakata bahasa Arab anak kelompok B PAUD Bunga Mulia Bedali Kediri melalui media kartu. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklusnya dilaksanakan dalam 3 pertemuan. Langkah langkah penelitian dilaksanakan melalui empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Data penelitian didapat dengan wawancara observasi dan pemberian tes. Analisis dilakukan dengan data kualitatif yang didapat dari aktifitas saat proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan data kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil tes yang telah didapat dari setiap anak serta untuk melihat peningkatan kemampuan kosakata yang telah dicapai. Hasil penelitian menyatakan bahwa dalam pretes dengan tanya jawab menunjukkan kosakata yang telah dikuasai oleh anak kelompok B PAUD Bunga Mulia hanya meliputi kosakata angka. Setelah diadakan postes pada siklus I menghasilkan 61 5% dari jumlah keseluruhan anak telah dapat mencapai kriteria ketuntasan belajar. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80 8%. Penerapan media dan permainan dengan kartu dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab terlaksana dengan baik. Sehingga dapat meningkatkan antusias anak untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran secara intensif serta dapat meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Arab anak didik kelompok B di PAUD Bunga Mulia Bedali Kediri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11372

Actions (login required)

View Item View Item