Pembelajaran kosakata bahasa Arab bagi siswa MI dengan menggunakan kamus situasi bergambar tiga bahasa (Indonesia-Inggris-Arab) penyusun Asep H. dan Ahmad Zakky / Nurul Dwi Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran kosakata bahasa Arab bagi siswa MI dengan menggunakan kamus situasi bergambar tiga bahasa (Indonesia-Inggris-Arab) penyusun Asep H. dan Ahmad Zakky / Nurul Dwi Wijayanti

Wijayanti, Nurul Dwi (2016) Pembelajaran kosakata bahasa Arab bagi siswa MI dengan menggunakan kamus situasi bergambar tiga bahasa (Indonesia-Inggris-Arab) penyusun Asep H. dan Ahmad Zakky / Nurul Dwi Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijayanti N.D .2015. Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Bagi Siswa MI Dengan Menggunakan Kamus 3 Bahasa (Indonesia-Inggris-Arab)Penyusun Asep H. Dan Ahmad Zakky. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hanik Mahliatussikah S.Ag M.Hum (II) Ali Ma sum S.Pd M.A Kata Kunci bahasa Arab siswa kosakata metode penelitian kamus Di sekolah MI dan sebagian Sekolah Dasar bahasa Arab telah masuk ke dalam salah satu mata pelajaran yang diajarkan SD/MI sesuai dengan berdasarkan kurikulum Departemen Agama bahasa Arab mulai diajarkan di MI pada kelas IV akan tetapi pada pelaksanaannya banyak sekali MI yang menyelenggarakan pelajaran bahasa Arab mulai kelas 1. Penelitian ini ditujukan untuk membelajarkan kosakata bahasa Arab dengan menggunakan Kamus Situasi Bergambar 3 Bahasa (Indonesia-Inggris-Arab) ini mengacu siswa agar tertarik dalam mempelajari kosakata baru yang berada di sekitar mereka seperti anggota keluarga rumah lingkungan sekolah dsb. Adapun tujuan penggunaan kamus yaitu untuk mendeskripisikan perencanaan pembelajaran kosakata bahasa Arab dengan menggunakan Kamus Situasi Bergambar 3 Bahasa (Indonesia-Inggris-Arab). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif pertimbangannya karena peneliti akan membahas secara deskriftif dan mendalam mengenai penelitian Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Bagi Siswa MI Dengan Menggunakan Kamus Situasi Bergambar 3 Bahasa (Indonesia-Inggris-Arab). Prosedurnya melalui observasi langsung wawancara angket penelitian dan dokumentasi. Hasil dan pembahasan dari penelitian ini yaitu hasil menunjukkan setelah siswa belajar kosakata bahasa Arab dengan menggunakan Kamus Situasi Bergambar 3 Bahasa (Indonesia-Inggris-Arab) mereka mudah memahami dengan cepat terbukti disebutkan di tabel sebagai pencapaian nilai terbaik yaitu peraihan nilai 100 yang dalam nilai bentuk angka dan diraih oleh 10 siswa sedang nilai A sebagai nilai huruf yang berarti baik sekali . Nilai terendah yaitu 40 sebagai gambaran nilai angkanya dan D nilai hurufnya diraih oleh 1 siswa saja. Itu artinya hasil dari pembelajaran kosakata bahasa Arab menggunakan Kamus Situasi Bergambar 3 Bahasa (Indonesia-Inggris-Arab) untuk siswa MI Al-Quranul Hakim Yayasan At-Taqwa kota Probolinggo ini baik. Sebagian besar siswa mampu memahami kosakata bahasa Arab dalam kamus tersebut. Berdasarkan kesimpulan di atas peneliti dapat dikemukakan saran yaitu untuk meningkatkan motivasi dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab untuk anak-anak seperti halnya siswa MI dan sederajatnya media kamus sangat dibutuhkan. Dalam mempelajari kosakata bahasa Arab dengan menggunakan Kamus Situasi Bergambar 3 Bahasa (Indonesia-Inggris-Arab) bisa meningkatkan keinginan dan semangat belajar kosakata bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11368

Actions (login required)

View Item View Item