Penerapan metode Jigsaw dalam pembelajaran qiro'ah siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang / Nur Afifatul Fidiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode Jigsaw dalam pembelajaran qiro'ah siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang / Nur Afifatul Fidiah

Fidiah, Nur Afifatul (2016) Penerapan metode Jigsaw dalam pembelajaran qiro'ah siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang / Nur Afifatul Fidiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fidiah Nur Afifatul. 2014. Penerapan Metode Jigsaw pada Pembelajaran Qiroah Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurhidayati M.Pd (II) Dr. H. Ahmad Munjin Nasih S.Pd M.Ag. Kata Kunci metode jigsaw pembelajaran qiroah kelas X SMA Pembelajaran bahasa Arab di Indonesia dimulai sejak masyarakat Indonesia memeluk agama Islam. Dalam hal ini bahasa Arab dipelajari semata-mata untuk memperdalam agama Islam baik di surau di masjid pondok pesantren dan madrasah. Kemajuan bahasa Arab berkembang pesat dan diikuti dengan berbagai hasil prestasi siswa. Pengajaran yang bervariatif merupakan hal penting untuk menarik minat siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup kondisi awal sebelum metode jigsaw diterapkan pada pembelajaran qiroah pelaksanaan pembelajaran qiroah dengan penerapan metode jigsaw dan hasil pembelajaran setelah metode jigsaw diterapkan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai upaya pengembangan inovasi pembelajaran untuk memperbaiki kemampuan belajar peserta didik pengembangan kurikulum pendidikan yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran dengan mengamati situasi kondisi kelas dan meningkatkan profesionalisme guru melalui penelitian yang berkaitan dengan metode yang diterapkan pembelajarannya. Tahap pelaksanaan Penelitiap Tindakan kelas (1) Perencanaan (Planning) (2) Tindakan (Acting) (3) Kelas (Class) dan (4) Refleksi (Reflecting). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama kondisi awal sebelum metode jigsaw diterapkan pada pembelajaran qiroah siswa mendapatkan pengajaran yang terfokus pada guru. Selain itu siswa tidak memiliki pegangan atau LKS yang diwajibkan oleh guru. Dengan kondisi tersebut siswa menganggap bahasa Arab sulit dan menjadikan siswa bosan belajar. Kedua pelasksanaan pembelajaran qiroah di SMA Negeri 6 Malang yaitu pembuatan RPP kurikulum 2013. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua siklus. Penerapan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode jigsaw dilaksanakan sesuai dengan RPP yang telah disusun. Hasil pengamatan menunjukkan keefektifan metode jigsaw menjadikan siswa bisa membaca dan menulis. Seperti siswa aktif mulai dari kerjasama baik dalam kelompok maupun antar kelompok. Ketiga penilaian hasil mencakup kompetensi sikap keterampilan dan melihat respon antusias siswa pada saat belajar di kelas. Hasil pengamatan mulai dari siklus I sampai siklus II mengalami kemajuan. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 2 53 dan pada siklus II dengan rata-rata 45 96. Penerapan metode ini juga disarankan untuk kemahiran yang lain yakni istima kitabah dan kalam. Agar pembelajaran lebih bervariatif dan efektif hendaknya peneliti lain menggunakan multimedia supaya pembelajaran lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11367

Actions (login required)

View Item View Item