Strategi belajar bahasa Arab siswa MAN Kunir Wonodadi Blitar / Siti Nur Mambaus Shafa - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi belajar bahasa Arab siswa MAN Kunir Wonodadi Blitar / Siti Nur Mambaus Shafa

Shafa, Siti Nur Mambaus (2016) Strategi belajar bahasa Arab siswa MAN Kunir Wonodadi Blitar / Siti Nur Mambaus Shafa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Shafa S.N. Mambaus. 2015. Strategi Belajar Bahasa Arab Siswa MAN Kunir Wonodadi Blitar. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Nurhidayati M. Pd dan (2) Dr. Ahmad Munjin Nasih M. Ag. Kata kunci Strategi Belajar Bahasa Arab Bahasa Arab MAN Kunir. Strategi belajar bahasa Arab adalah tindakan spesifik yang ditempuh oleh pembelajar agar kegiatan belajar bahasa Arab lebih mudah lebih cepat lebih menyenangkan lebih terarah dan lebih efektif. MAN Kunir adalah sekolah unggulan di Blitar yang siswanya memperoleh nilai yang baik dalam mata pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi belajar yang digunakan siswa dalam mempelajari bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) strategi belajar bahasa Arab siswa MAN Kunir Wonodadi Blitar dan (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan strategi belajar bahasa Arab siswa MAN Kunir Wonodadi Blitar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN Kunir Wonodadi Blitar. Adapun responden dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab kelas XI MAN Kunir Wonodadi Blitar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi pedoman wawancara dan angket. Setelah pengumpulan data dilakukan analisis data yang meliputi klasifikasi penyimpulan dan penafsiran data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi belajar bahasa Arab yang yang paling banyak digunakan oleh siswa MAN Kunir Wonodadi Blitar adalah strategi sosial. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan strategi belajar bahasa Arab siswa Man Kunir adalah faktor lingkungan sosial. Dalam proses belajar mengajar bahasa Arab hendaknya guru memanfaatkan strategi belajar sosial yang merupakan strategi yang paling disukai siswa karena dirasa paling mudah dan efektif. Disamping itu guru hendaknya memvariasikan pemanfaatan strategi belajar yang lain untuk memacu semangat dan menambah ketertarikan siswa terhadap pelajaran bahasa Arab. Alangkah baiknya jika guru mempersiapkan terlebih dahulu langkah-langkah pembelajaran yang akan diterapkan dengan memanfaatkan berbagai strategi belajar agar pembelajaran yang berlangsung menjadi bervariasi dan tidak monoton dan tujuan tercapai dengan efektif. Bagi mahasiswa dan peneliti selanjutnya peneliti berharap agar penelitian ini menjadi panduan untuk melaksanakan tentang berbagai strategi belajar dalam proses pembelajaran dan mengkaji lebih lanjut efektivitas penggunaan strategi belajar dalam penelitian selanjutnya. Penelitian ini dapat dilanjutkan dengan cara memperluas aspek kajian tentang strategi belajar bahasa yang digunakan pebelajar bahasa Arab. Yakni dengan mengambil sumber data dari beberapa tempat untuk perbandingan hasil keberhasilan penggunaan strategi belajar bahasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11365

Actions (login required)

View Item View Item