Penerapan metode pembelajaran kolaborasi cooperative learning-Teams Games Tournaments (TGT)-Talking Stick (TS) untuk meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Kota Malang / Rani Apriyanti

Apriyanti, Rani (2016) Penerapan metode pembelajaran kolaborasi cooperative learning-Teams Games Tournaments (TGT)-Talking Stick (TS) untuk meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Kota Malang / Rani Apriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Apriyanti, Rani. 2015. PenerapanMetodePembelajaranKolaborasi Cooperative Learning ÔÇô Teams Games Tournaments (TGT)-Talking Stick (TS) UntukMeningkatkanKemampuanMembacaTeksBahasa Arab SiswaKelas VIII B MtsNurul Huda Kota Malang.Skripsi, JurusanSastra Arab, FakultasSastra, Universitasnegeri Malang.Pembimbing: (I) Prof. Drs. H. Muhaiban (II) Moh. Ahsanuddin, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci:metodepembelajaran, peningkatan, kemampuanmembaca,cooperatif learning ÔÇô teams games tournaments (TGT), talking stick (TS). Seiringberkembangnyaglobalisasi, mobilitassosial, danperkembanganteknologimenuntutsiswauntukturutberkembangmengikutipesatnyaperkembanganzaman.Saatinipengetahuanmenjadisangatpentingdimilikiolehsetiapinsan.Tanpapengetahuanmanusiatidakmemilikinilaibagidunia.Berbagaimacamteknikuntukmendapatpengetahuan.Salah satunyaadalahdenganteknikmembaca.Kemampuanmembacamenjadipentingdimilikiolehsemua orang karenakunciuntukmenggaliinformasi yang tertuangdalamtulisandandisusundalamsebuahbukudiperlukankemampuanmembaca. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanmetodekolaborasi TGT-TS danmendeskripsikanpeningkatankemampuanmembacasiswakelas VIII B MTs Nurul Huda, Kota Malang dalammatapelajaranbahasa Arab.Metode yang digunakanuntukmeningkatkankemampuanmembacasiswatersebutadalahmetodekolaborasiCooperative Learning ÔÇô TeamsGamesTournaments (TGT)-Talking Stick (TS). Pendekatanpenelitian yang dilakukanpenelitiadalahpendekatandeskriptifkualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas (PTK) atauClassroom Action Research yang bertujuanuntukmendapatkangambaransecarajelasdannyatatentangperistiwa yang akanterjadiatauakantampakselama proses pembelajaranberlangsung. Dalampengumpulan data inipenelitimenggunakanteknik-tekniksebagaiberikut: (a) catatanpengamatan; (b) dokumentasi; (c) wawancara; (e) observasi; (f) pemberiantes; dan (g) angket. Setelahdilakukanpengumpulan data, penelitimelakukananalisisterhadap data yang dikumpulkan.Penelitianinimenggunakanjenispenelitiantindakankelas yang menggunakansistemsiklus yang tahapannyadiadopsidariKemmisdan Taggart.Tahapan-tahapantersebutmeliputi: (a) perencanaanatauplanning, (b) pelaksanaanatauaction, (c) observasiatauobserving, (d) refleksiataureflecting.Berikutadalahpenjelasan yang akandilakukanmenurutAinin (2014: 52). Sebelummelakukanpenelitiandenganmetodetersebut, penelitimelakukanobservasipratindakan yang dilakukansebanyakdua kali. Hasildariobservasitersebutadalahmetode yang digunakan guru matapelajaranbahasa Arab adalahceramahdanterjemahperkata.Kemudian, sebelummelakukanpenerapan, penelitijugamelakukanpre-testkepadasiswakelas VIII B. Hasildaripre-test yang dilakukanadalahnilai rata-rata siswasecaraklasikalyaitu 47,69. Nilaitersebutsangatrendahdarinilai rata-rata kelas yang ditentukanyaitu 70. Setelahpenerapandilakukan, kemampuanmembacasiswakelas VIII B terbuktimeningkat rata-rata nilaipost-test siklus I yang diperolehsecaraklasikalmeningkatdari 47,69menjadi 57,15 yang dihadirioleh 30 siswa. Nilaiinimasihbelummemenuhinilai SKM yang telahditentukan.Kemudianpenerapanpadasiklus II dilakukandandilakukankembalipost-testuntuksiklus II. Rata-rata nilai yang diperolehsecaraklasikalmeningkatdari 57,51menjadi 71,72 yang dihadirioleh 32 siswa. Hal inimenandakanbahwapenerapanmetodepembelajarankolaborasicooperatif learning ÔÇô teams games tournaments (TGT)-talking stick (TS) terbuktiberhasildandapatmeningkatkankemampuanmembacasiswakelas VIII B terhadapteksberbahasa Arab. Berdasarkanhasilpenelitianini, disarankankepadapihaksekolahmetodepembelajarankolaborasi TGT-TS dilakukan di kelas VIII B khususnyadansebagaisalahsatumetodepembelajaran yang dapatmengukurdanmeningkatkankemampuanmembacateksberbahasa Arab padamatapelajaranbahasa Arab. Kemudianpemanfaatandanpenerapanmetodepembelajaraninidapatdilakukan di JurusanSastra Arab UniversitasNegeri Malang sebagaisalahsatumetode yang dilakukandengankriteriadanbeberapalangkah yang disesuaikandenganmahasiswaJurusanSastra Arab.Selanjutnyabagipenelitilain yang inginmenelitilebihlanjutpenerapanmetodekolaborasi TGT-TS hendaknyamelihatwaktudanmengaturwaktu agar metodeiniberjalandengansemestinyadan optimal. Kemudianpenelitilainjugadapatmenggunakanmetodepembelajarankolaborasiiniuntukmengembangkankemahirankebahasaanselainmembaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11358

Actions (login required)

View Item View Item