Bentuk dan fungsi amr dan nahy dalam kitab "at-TArghi:b wa at-Tarhi:b" karya Syeikh Husain Mathar / Nurulhakimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Bentuk dan fungsi amr dan nahy dalam kitab "at-TArghi:b wa at-Tarhi:b" karya Syeikh Husain Mathar / Nurulhakimah

Hakimah, Nurul (2015) Bentuk dan fungsi amr dan nahy dalam kitab "at-TArghi:b wa at-Tarhi:b" karya Syeikh Husain Mathar / Nurulhakimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hakimah Nurul. 2015. Bentuk dan Fungsi Amr dan Nahy dalam kitab At-Targhi b wa At-Tarhi b karya Syeikh Husain Mathar. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pebimbing (1) Dr. H. Kholisin M.Hum (2) Dr.Yusuf Hanafi S.Ag M.Fil.l . Kata kunci Kalam Insya Amr Nahy kitab At-Targhi b wa At-Tarhi b Kitab At-Targhi b wa At-Tarhi b karya Syeikh Husain Mathar merupakan kumpulan hadist Rasulullah dan ayat- ayat al-Quran tentang anjuran dan ancaman dalam masalah aqidah akhlak muamalah dan beribadah pada Allah. Penulis memilih kitab ini karena terdapat banyak pola ajakan (Amr) dan larangan (nahy) yang terdapat didalamnya sehingga tertarik untuk menganalisis dari segi ilmu ma ani. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk dan Fungsi Amr dan Nahy dalam kitab At-Targhi b wa At-Tarhi b karya Syeikh Husain Mathar Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian kepustakaan. Data penelitian ini adalah hadist atau ayat yang mengandung pola kalimat Amr dan Nahy sedangkan sumber data penelitian ini adalah kitab At-Targhi b wa At-Tarhi b. Instrumen yang digunakan adalah human instrument. Pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan observasi dan pencatatan. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan teknik pemeriksaan data klasifikasi data dan tahap analisis data. Penelitian ini memiliki batasan dalam melakukan analisis yaitu lima tema awal dari beberapa tema awal dari beberapa tema dalam kitab At-Targhi b wa At-Tarhi b.. Hasil penelitian ini adalah (1) kitab ini menunjukkan bahwa bentuk pola Amr lebih banyak dijumpai dari pada bentuk pola Nahy. Amr ditemukan sebanyak 60 kali sedangkan Nahy ditemukan sebanyak 11 kali. Bentuk pola Amr yang ditemukan dari kitab ini hanya ada 2 dari 4 macam shighat Amr yaitu fi il Amr dan al mudhari al-majzum bilam al-amr . Sedangkan shighat Amr yang paling banyak digunakan adalah fi il amar sebanyak 56. Bentuk pola Nahy mempunyai satu shighat yaitu al-mudha ri maqru n bi la an-na hiyah. (2) Fungsi Amr yang terdapat pada kitab ini meliputi irsyad tahdid du a ta di b nadbu ibahah dan imtinan. Sedangkan fungsi Nahy yang terdapat pada kitab ini adalah tahdi d dan irsyad. Peneliti berharap kepada dosen Bala ghah untuk memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai salah satu rujukan dalam ilmu Ma ani khususnya kalam insya . Peneliti juga berharap kepada pihak yang berkompeten dalam ilmu Bala ghah dan kalam insya (Amr dan Nahy) untuk memberi masukan tentang penelitian ini demi perbaikan penelitian-penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11357

Actions (login required)

View Item View Item