Ikhsan, M. Alifudin (2019) Pengembangan buku ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) berpendekatan life based learning untuk siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / M. Alifudin Ikhsan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ikhsan M. Alifudin. 2019. Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Berpendekatan Life Based Learning untuk Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Tesis Program Studi Magister Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nuruddin Hady S.H. M.H. (II) Dr. Didik Sukriono S.H. M.Hum. Kata Kunci Buku ajar PPKn Life Based Learning Sekolah Menengah Kejuruan Buku ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) berpendekatan life based learning ini dikembangkan untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pengembangan buku ini dipilih sebagai solusi permasalahan minimnya buku ajar PPKn SMK serta rendahnya literasi bahan ajar konvensional. Life based learning dipilih untuk mendekatkan pembelajaran pada kehidupan nyata dan memiliki unsur-unsur penting seperti kemandirian sumber belajar yang mudah didapatkan penciptaan suasana belajar yang humanis serta iklim pembelajaran berwawasan teknologi ICT. Konsep ini dirasa sesuai dengan ciri khas PPKn yang menekankan pendidikan karakter kebangsaan dan cinta tanah air. Inovasi buku PPKn ini dikemas secara interaktif dan dapat digunakan oleh siswa maupun guru dengan mudah. Buku ini menggunakan teknologi augmented reality dan quick reality code (QR-code) yang semakin diminati sebagai media edukasi di negara maju dan modern. Buku ajar inovatif ini memiliki interaksi kemudahan pemakaian dengan berbagai perangkat mobile seperti smartphone ipad laptop dan PC. Buku ini dapat digunakan kapanpun dan dimanapun pebelajar berada. Teknologi augmented reality yang ada dalam buku ini dihadirkan untuk membantu siswa memahami teori konsep petunjuk materi ajar praktik serta aktivitas pembelajaran melalui simulai animasi 3D dan video pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (analysis desaign develop implement and evaluate). Penelitian ini diawali dengan menganalisa kebutuhan (need analysis) dengan tujuan mengetahui urgensi pengembangan buku baik analisis kebutuhan maupun analisis kurikulum. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan perlunya buku ajar untuk dikembangkan dengan persentase 100%. Proses pembuatan produk dengan terlebih dahulu menyusun instrumen dan spesifikasi pengembangan merupakan tahap selanjutnya. Untuk mengetahui tingkat kevalidan produk yang dibuat dilakukan berbagai uji ahli diantaranya uji validasi materi uji validasi media pembelajaran uji kepraktisan uji kesetaraan dan uji efektivitas. Hasil uji validitas oleh Sembilan validator diperoleh persentase validasi materi 96 89% validasi media 92 37% dan validasi pembelajaran lapangan 97 21%. Ketiga hasil tersebut menunjukkan bahwa buku ajar yang dikembangkan sangat valid dan dapat diimplementasikan. Hasil uji efektivitas buku ajar yang diterapkan di kelas X ATPH 1 dan X APHP SMK Negeri 1 Malang diperoleh hasil uji-t berpasangan yang diukur menggunakan SPSS 25.0 for windows sebesar p 0.000 0 05 menunjukkan bahwa buku ajar ini mampu meningkatkan kemampuan secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Dec 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/113552 |
Actions (login required)
View Item |