Pengembangan pembelajaran model kooperatif tipe jigsaw berbasis proyek untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn / Ilham Sumarga

Sumarga, Ilham (2020) Pengembangan pembelajaran model kooperatif tipe jigsaw berbasis proyek untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn / Ilham Sumarga. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sumarga, Ilham. 2019. Pengembangan Pembelajaran Model Kooperatif tipe Jigsaw berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PPKn. Tesis. Program Studi S-2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nur Wahyu Rochmadi, M..Pd., M.Si. (II) Dr. Nuruddin Hady, S.H., M.H. Kata Kunci: Model Kooperatif tipe Jigsaw, Proyek, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar Siswa Proses pembelajaran yang tanpa disertai model pembelajaran inovatif membuat buruknya kualitas pembelajaran dalam kelas. Hal itu berdampak pada rendahnya keaktifan siswa dan hasil belajar siswa. Cara belajar guru yang verbalisme dan konservatif dengan metode ceramah merupakan salah satu pemantiknya. Kebutuhan akan siswanya pun jarang pula di analisis oleh guru. Dan menganggap bahwa semua siswa sama dengan gurunya. Potensi inilah yang memicu siswa kurang pemahaman terhadap tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan pembelajaran inovatif. Pemilihan strategi pembelajaran yang mendorong peluang kepada siswa untuk bekerja secara otonom, tanggungjawab terhadap pembelajaran sendiri dan orang lain. Selain itu, mampu mengkonstruk cara belajarnya dan akhirnya menghasilkan produk nyata yang bernilai, dan realistik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis proyek untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Metode penelitian yang dipergunakan adalah model penelitian pengembangan 4-D (Four D). Langkah model 4-D terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini menggunakan instrumen pembelajaran yang dikembangkan peneliti. Berupa panduan pembelajaran jigsaw berbasis proyek, lembar kerja siswa (LKS), lembar observasi keaktifan siswa, rubrik soal hasil belajar siswa, dan desain proyek siswa. Disseminasi penelitian dilakukan di MA Al Ittihad Kecamatan Poncokusumo pada kelas XI-IPA 3 dengan jumlah 34 siswa. Hasil analisis pada penelitian pengembangan pembelajaran ini valid, praktis, dan mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Kevalidan diperoleh akumulasi skor hasil yakni: 92,8 untuk model pembelajaran, 88,75 untuk materi, instrumen respon guru dan siswa yakni: 91,67, dan 100 untuk instrumen lembar keaktifan siswa. Kepraktisan dengan akumulasi rerata skor angket siswa, yakni: 84,25 pada tahap awal, dan 78,28 pada tahap lapangan utama, praktis dipergunakan pada kelas kecil. Model pembelajaran ini mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Rata-rata keaktifan siswa meningkat dari kategori rendah menjadi kategori sedang. Hasil belajar pun meningkat dari rata-rata 69,5 pada tahap pre-test menjadi 76 pada tahap post-test. Hasil pre-test dan post-test diuji dengan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov test dan hasil nilai signifikansi Asiymp.Sig (2-tailed) sebesar 0.820 lebih dari 0,005. Maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan, dapat disimpulkan bawah data berdistribusi normal. Sehingga asumsi atau persyaratan model regresi sudah terpenuhi. Pada uji t berpasangan didapatkan nilai signifikansi 0,012, yang artinya efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Saran dalam pengembangan produk ini 1) pengguna untuk lebih mengenal karakteristik siswa, tujuan pembelajaran, dan analisis situasi. 2) model pembelajaran ini, juga mampu untuk digunakan pada semua mata pelajaran, tidak hanya terbatas pada mata pelajaran PPKn bisa mata pelajaran lainnya. 3) Penelitian lebih lanjut dilakukan dengan menggunakan desain eksperiman, tidak hanya tunggal pada desain pengembangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113551

Actions (login required)

View Item View Item