Pengembangan media pembelajaran berbasis website: sebuah inovasi pembelajaran kepemerintahan dalam implementasi kurikulum berbasis kehidupan / Muhammad Taufiqurrahman

Taufiqurrahman, Muhammad (2020) Pengembangan media pembelajaran berbasis website: sebuah inovasi pembelajaran kepemerintahan dalam implementasi kurikulum berbasis kehidupan / Muhammad Taufiqurrahman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Taufiqurrahman, Muhammad. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Sebagai Inovasi Pembelajaran Kepemerintahan Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kehidupan. Tesis, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sri Untari, M.Si, (2) Dr. Edi Suhartono, S.H, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Website, Ilmu Pemerintahan Seiring dengan perkembangan zaman dan revolusi digital abad XXI ditandai dengan pesatnya produk dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang termasuk bidang pendidikan di perguruan tinggi. Dengan adanya pemanfaatan teknologi dan informasi pada bidang pendidikan maka proses pembelajaran dapat dilaksanakan dimana saja dan kapan saja, hal ini sejalan dengan konsep belajar berbasis kehidupan yaitu proses pembelajaran dapat dilaksanakan dimana saja, situasi apapun dan keadaan apapun. Berdasarkan hasil observasi pengembang dengan salah satu dosen pengampu matakuliah ilmu pemerintahan di Universitas Negeri Malang, diketahui bahwa proses pembelajaran ilmu pemerintahan di selama ini dirasa masih kurang maksimal. Media pembelajaran kepemerintahan berbasis website dapat digunakan sebagai salah satu alternatif inovasi pemanfaatan tekonologi dan informasi dalam proses pembelajaran ilmu pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Deskripsi pengembangan media pembelajaran berbasis website sebagai inovasi pembelajaran kepemerintahan dalam implementasi kurikulum berbasis kehidupan, (2) Deskripsi tentang kualitas hasil pengembangan media pembelajaran berbasis website sebagai inovasi pembelajaran ilmu pemerintahan dalam implementasi kurikulum berbasis kehidupan. Pengembangan media pembelajaran berbasis website ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (research and development), dengan model pengembangan Borg & Gall yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Penelitian ini bertempat di Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Malang. Prosedur pengembangan dalam penilitian ini terdapat tujuh tahapan yaitu: analisis kebutuhan awal, pengembangan produk, uji validasi ahli, revisi hasil validasi ahli, uji coba lapangan, revisi hasil uji coba lapangan, produk akhir. Pada tahapan uji validasi ahli, terdapat dua subjek uji coba yaitu validator ahli media dan ahli materi, sedangkan pada tahap uji coba lapangan dilakukan dalam dua tahap uji coba yaitu uji coba kelompok kecil dengan responden sebanyak 10 mahasiswa dan uji coba kelompok besar dengan responden sebanyak 69 mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis penilaian validator ahli dan responden uji coba diketahi hasil uji validasi ahli media mendapatkan skor persentase 97% , ahli materi mendapat skor persentase 92% dan hasil penilaian responden uji coba mendapatkan skor persentase 85% sehingga diperoleh skor rata-rata keseluruhan hasil uji validasi dan uji lapangan sebesar 91% dan dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis website sebagai inovasi pembelajaran ilmu pemerintahan dalam implementasi kurikulum berbasis kehidupan yang telah dikembangkan valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113550

Actions (login required)

View Item View Item