Pengembangan model pembelajaran team battle academic untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran PPKn / Trissia Rumanakusuma

Rumanakusuma, Trissia (2020) Pengembangan model pembelajaran team battle academic untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran PPKn / Trissia Rumanakusuma. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusuma, Trissia Rumana. 2019. Pengembangan Model Pembelajaran Team Battle Academic Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PPKn. Tesis, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Dr. A. Rosyid Al Atok, M.Pd, M.H, Pembimbing II. Dr. Nur Wahyu Rochmadi, M.Pd, M.Si. Kata Kunci: Team Battle Academic, Keaktifan, dan Hasil Belajar Rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran merupakan masalah umum yang kerap terjadi pada semua mata pelajaran di sekolah. Rendahnya keaktifan siswa di kelas dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah karena siswa tidak memiliki keberanian untuk aktif, siswa tidak memiliki kesempatan untuk aktif, dan juga karena pembelajaran yang membosankan. Permasalahan ini juga terjadi pada mata pelajaran PPKn di MTs Negeri Batu, khususnya di kelas VIII G. Pada kelas ini keaktifan siswa dan hasil belajar berada pada kategori rendah. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi hal seperti ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan mampu memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengkontruksikan pengetahuannya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di sekolah, maka penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran Team Battle Academic dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran PPKn. Pengembangan model pembelajaran team battle academic ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan (research and development), dengan mengacu pada langkah-langkah yang dikemukakan oleh Borg&Gall yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Tahap pertama yang dilakukan adalah melakukan penelitan pendahuluan, perencanaan dan pengembangan produk, validasi ahli, revisi I, uji lapangan tahap awal, revisi II, uji coba lapangan utama, dan pelaporan. Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menguji keterlaksanaan sintak, kepraktisan, keaktifan, dan hasil belajar siswa pada saat menggunakan model pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Kevalidan model diketahui dari hasil validasi ahli pembelajaran skor sebesar 98,8 dan oleh ahli materi sebesar 82,5 sedangkan 81,25 kevalidan RPP. Model pembelajaran juga mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Rata-rata keaktifan siswa meningkat dari kategori rendah menjadi kategori sedang. Rata-rata hasil belajar juga meningkat. Hasil belajar siswa juga diuji menggunakan uji paired sample t test. Berdasarkan hasil uji paired sample t test menunjukkan bahwa sig 0,00 < 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa telah terjadi perubahan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkan model yang dikembangkan. Berdasarkan hasil pengembangan pada model pembelajaran team battle academic ini, maka diberikan beberapa saran diantaranya, dikembangkan pada kelas ataupun sekolah lain agar diperoleh data mengenai tingkat keefektifan dan kepraktisan dari model dan dapat dikembangkannya pada strata pendidikan yang lain sehingga diperoleh informasi tentang keefektivan dan keterapan model team battle academic terhadap pendidikan lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113548

Actions (login required)

View Item View Item