Tamami, Siti (2020) Pengembangan modul PPKn berbasis masalah pada materi norma dan keadilan siswa kelas VII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Siti Tamami. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Tamami Siti. 2019. Pengembangan Modul PPKn Berbasis Masalah Pada Materi Norma dan Keadilan Siswa Kelas VII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Tesis Program Studi. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nuruddin Hady S.H. M.H. (II) Dr. Siti Awaliyah S.Pd. S.H. M.Hum. Kata Kunci Modul PPKn Berbasis Masalah SMP Ciri khas bahan ajar yang dipakai siswa SMP Laboratorium UM yaitu modul yang disusun oleh masing-masing guru mata pelajaran. Modul tersebut disusun sebagai alternatif bahan ajar yang sesuai dengan kondisi siswa. Kemampuan siswa yang beragam juga menjadi salah satu alasan pemberian modul untuk dipelajari. Dari berbagai ekstrakurikuler yang diikuti siswa berdampak pada siswa yang mengikuti lomba dan harus ijin meninggalkan kelas modul cocok untuk diberikan agar siswa tidak tertinggal dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk meng-hasilkan modul PPKn berbasis masalah sebagai bahan ajar siswa kelas VII SMP Laboratorium UM khususnya dan bagi siswa SMP pada umumnya tentang materi norma dan keadilan dalam bentuk cetak. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses mengembangkan modul berbasis masalah pada materi norma dan keadilan yang layak menarik dan efektif. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model R D dikembangkan oleh Borg dan Gall. Model ini dikenal sepuluh langkah utama penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Borg Gall (1989) (1) melakukan penelitian pendahuluan (2) melakukan perencanaan (3) mengem-bangkan produk awal (4) uji coba lapangan tahap awal (5) melakukan revisi produk utama (6) uji coba lapangan utama (7) melakukan revisi produk operasional (8) uji coba lapangan operasional (9) melakukan revisi produk akhir dan (10) mendesiminasikan produk. Subyek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Laboratorium UM. Instrumen penelitian ini menggunakan angket dan tes. Analisis data penelitian ini mengunakan dua teknik analisis data yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data hasil evaluasi tanggapan dan penilaian dari subyek uji coba di-gunakan sebagai masukan untuk merevisi dan menyempurnakan Modul yang dikembangkan. Berdasarkan analisis data dari uji kelayakan Modul didapatkan hasil uji validitas oleh Enam validator memperoleh persentase validasi materi 88% validasi media 78% dan validasi guru pembelajaran 80%. Ketiga hasil tersebut menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan layak dan dapat digunakan. Hasil uji kemenarikan dan keefektifan modul dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dari kelompok kecil dan kelompok besar. Dari uji coba kelompok kecil diperoleh hasil data pengisian angket oleh siswa untuk menguji kemenarikan dari produk modul yang dikembangkan rata-rata 86%. Secara umum produk modul dapat digunakan sedangkan dari uji coba kelompok besar rata-rata hasil respon siswa adalah 91% hasil skor respon siswa yang berkategori tinggi maka dapat dikatakan bahwa modul sangat menarik. Untuk tingkat keefektifan dari analisis data yang diketahui bahwa rata-rata hasil uji kompetensi adalah 83 dari sini didapatkan persentase ketuntasan kelas adalah 90 62% maka modul dapat dikatakan sangat efektif. Dengan demikian produk modul yang dikembangkan dapat disimpulkan me-menuhi kriteria layak menarik dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jan 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/113547 |
Actions (login required)
View Item |