Pengembangan modul pembelajaran PPKn materi dinamika persatuan dan kesatuan bangsa dalam konteks NKRI integrasi nilai-nilai islam untuk siswa kelas XII MAN 4 Maluku Tengah / Eksan Burhan

Burhan, Eksan (2020) Pengembangan modul pembelajaran PPKn materi dinamika persatuan dan kesatuan bangsa dalam konteks NKRI integrasi nilai-nilai islam untuk siswa kelas XII MAN 4 Maluku Tengah / Eksan Burhan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Eksan Burhan. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran PPKn Materi Dinamika Persatuan dan Kesatuan Bangsa Dalam Konteks NKRI Integrasi Nilai-nilai Islam Untuk Siswa Kelas XII MAN 4 Maluku Tengah. Tesis, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Pembimbing; (I) Dr. Siti Awaliyah, S.Pd., M.Hum, (II) Dr. Nuruddin Hady, S.H., M.H Kata kunci: Pengembangan modul PPKn, modul pembelajaran, ukhuwah Penelitian bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran PPKn yang layak dan dapat digunakan sebagai sumber utama atau sumber penunjang pembelajaran bagi siswa kelas XII MAN 4 Maluku Tengah. Fokus pada penelitian ini tiga, yaitu: (1) berkaitan dengan proses pengembangan modul pembelajaran PPKn yang akan dilakukan, (2) menguji kelayakan modul pembelajaran PPKn integrasi nilai-nilai islam dengan uji kevalidan, (3) keefektifan modul pembelajaran PPKn integrasi nilai-nilai islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan 10 langkah pengembangan yang diadopsi dari model Borg and Gall, terdiri dari penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, penyusunan draf awal, uji validasi, revisi produk, uji coba utama, revisi produk, uji coba operasional, revisi produk, deseminasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, menggunakan lembaran validasi ahli, angket respon siswa dan postest dan pre-test. Sedangkan teknik untuk menganalisi data pada penelitian ini, digunakan teknik analisis data deskriptif, yaitu dengan menganalisis terlebih dahulu data yang berupa kuantitatif dan kemudian diterjemahkan kedalam pengertian kuanlitatif. Hasil dari penelitian ini memaparkan bahwa, modul pembelajaran PPKn yang dikembangkan valid dan layak dipergunakan sebagai sumber utama atau sumber penunjang pada pembelajaran PPKn di sekolah. Kesimpulan ini didapat dari hasil uji validasi yang dilakukan kepada ahli materi dengan presentase 84%, ahli media pembelajaran dengan presentase 97% dan ahli pembelajaran dengan presentase 81%. Sedangakan untuk mengetahui tingkat kepraktisan diperoleh melalui angket respon peserta didik dengan presentase 92% dan tingkat keefektifan diperoleh dari angket respon siswa dengan presentase 88% dan hasil belajar berupa pretest dengan presentase 69,87 dan post-test dengan presentase 80,62. Dari hasil analisis data inilah, peneliti menyimpulkan bahwa pengembangan modul pada pembelajaran PPKn yang sedang dilakukan dapat dinyatakan valid dan layak dipergunakan, sebagai sumber utama atau sember penunjang pada proses pembelajaran di kelas maupun di rumah baik belajar secara mandiri maupun belajar berkelompok.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113546

Actions (login required)

View Item View Item