Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada mata pelajaran PPKN untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di kelas VIII A SMP Nasional Malang / Helmi Najamudin

Najamudin, Helmi (2020) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada mata pelajaran PPKN untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di kelas VIII A SMP Nasional Malang / Helmi Najamudin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Najamudin, Helmi. 2019, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar siswa Di Kelas VIII A SMP Nasional Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang, Pembimbing I Dr. Didik Sukriono, S.H., M.Hum, Pembimbing II Dr. Nur Wahyu Rochmadi, M.Pd., M.Si. Kata Kunci: Group Investigation (GI), Keaktifan Belajar, Hsil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu upaya perbaikan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan kualitas pendidikan. Kualitas pendidikan akan baik apabila proses penyampaiannya dapat dipahami dan dimengerti siswa dengan tidak hanya menguasai materi pengetahuan saja akan tetapi mampu menggunakan pengetahuannya dalam kehidupan nyata yang memiliki keterkaitan dengan ilmu yang dimiliki, dengan permasalahan dalam penelitian ini rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dikelas VIII A SMP Nasional Malang Tahun Pelajaran 2018/2019, yang diketahui dari hasil observasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1). Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI), 2). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dapat meningkatkan keaktifan siswa, dan 3). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus dan subjek penelitian ini siswa kelas VIII A tahun ajaran 2018/2019. Lokasi di SMP Nasional Malang dengan jumlah 27 siswa, teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keaktifan siswa, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1). Model pembelajaraan kooperatif tipe group investigation (GI) ini dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran PPKn di kelas VIII A SMP Nasional Malang tahun ajaran 2018/2019. Dengan langkah-langkah sebagai berikut: a) Mengidentifikasikan topik dan mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok, b) Merencanakan tugas-tugas belajar, c) Melaksanakan investigasi, d) Menyiapkan laporan akhir, dan e) Mempresentasikan laporan akhir, f) Evaluasi. 2). Penerapan model group investigation dapat mningkatan keaktifan siswa dengan hasil pada pra tindakan rata-rata presentase keaktifan siswa sebesar 34,15%, meningkat di siklus I pertemuan pertama dengan presentase 39,91%, dan pertemuan kedua meningkat lagi sebesar 44,44%. Sedangkan siklus II pertemuan pertama dengan presentase 48,96%, dan meningkat pada pertemuan kedua dengan presentase sebesar 62,95%, 3). Penerapan model group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa dilihat nilai rata-rata pra siklus sebesar 70, sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 37,03%, untuk siklus I nilai rata-rata 73,62 dengan persentase ketuntasan sebesar 59,25%, dan meningkat pada siklus II nilai rata-rata dikelas sebesar 80,29 dengan persentase ketuntasan sebesar 85,18%. Saran, guru diharapkan untuk menggunakan model pembelajaran yang lebih bervariasi atau inovasi sesuai kompetensi yang akan diajarkan. Siswa hendaknya menerima pembagian anggota kelompok sehingga terjadi pemerataan anggoa kelompok, siswa dapat saling bertukar pikiran, serta menerima pendapat anggota kelompok lain. Siswa diharapkan selalu berperan aktif dalam proses pembelajaran. Bagi siswa yang kurang jelas dalam menerima penjelasan guru maka sebaiknya siswa lebih aktif bertanya pada guru maupun pada teman.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113545

Actions (login required)

View Item View Item