Penerapan model pembelajaran inkuiri dengan media gambar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada mata pelajaran PPKn siswa kelas X IPA 2 di SMA Katolik Frateran Malang / Thomas Kemil Masi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inkuiri dengan media gambar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada mata pelajaran PPKn siswa kelas X IPA 2 di SMA Katolik Frateran Malang / Thomas Kemil Masi

Masi, Thomas Kemil (2020) Penerapan model pembelajaran inkuiri dengan media gambar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada mata pelajaran PPKn siswa kelas X IPA 2 di SMA Katolik Frateran Malang / Thomas Kemil Masi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Masi Kemil Thomas. 2019. Penerapan model Pembelajaran Inkuiri dengan Media Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas X IPA 2 SMA Katolik Frateran Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing I Dr. Nuruddin Hady S.H. M.H Pembimbing II Dr. Edi Suhartono S.H. M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Inkuiri Media Gambar Berpikir Kritis Hasil Belajar Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Penerapan Model pembelajaran Inkuiri dengan Media gambar dapat meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan (2) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan media Gambar dapat Meningkatkan Hasil Belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas X IPA 2 tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan di SMA Katolik Frateran Malang dengan jumlah siswa 31 siswa menggumpulkan data menggunakan lembar bservasi soal test kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dan dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah kuantitatif deskriptif Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri dengan media gambar dapat dilihat bahwa ada peningkatan baik pada guru saat mengajar maupun pada siswa saat belajar siswa SMA Katolik Frateran Malang kelas X IA-2. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa maupun hasil belajar siswa dalam setiap siklus dan pertemuan siklus I pertemuan pertama presentase ketuntasan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 39% presentase ketuntasan kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I pertemuan kedua terjadi peningkatan menjadi 58%. Pada siklus II pertemuan pertama presentase ketuntasan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 68% dan terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus II pertemuan kedua menjadi 87%. Hasil belajar siswa melalui model pembelajaran inkuiri dengan media gambar juga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat melalui data yang diperoleh baik itu pada saat pra tindakan siklus I dan siklus II. Rata-rata nilai yang diperoleh pada saat pra tindakan yaitu 72 atau 17 siswa yang mencapai KKM dengan presentasi ketuntasan 55% rata-rata nilai yang diperoleh pada saat siklus I yaitu 77 atau 23 siswa yang mencapai KKM dengan presentase ketuntasan 74% dan rata-rata nilai yang didapat pada saat pelaksanaan siklus II adalah 82 atau 27 siswa yang mencapai KKM dengan presentase ketuntasan adalah 87%. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) guru harus mau dan mampu berinovasi agar siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti pelajaran (2) model yang digunakan guru adalah model yang sesuai dengan iklim belajar dan sesuai materi tersebut (3) guru dalam kegiatan belajar mengajar harus merencanakan pembelajaran dengan matang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113544

Actions (login required)

View Item View Item