Pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan tingkat sekolah menengah pertama kelas VIII / Chrysmada Dewa Kusuma

Kusuma, Chrysmada Dewa (2019) Pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan tingkat sekolah menengah pertama kelas VIII / Chrysmada Dewa Kusuma. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kusuma, Chrysmada D. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Tingkat Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII. Tesis, Jurusan Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Wasis D. Dwiyogo, M.Pd., (2) Dr. Imam Hariadi, M.Kes. Kata kunci: pengembangan, bahan ajar, multimedia interaktif, pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar berbasis multimedia interaktif Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan tingkat Sekolah Menengah Pertama kelas VIII. Dengan pembelajaran multimedia interaktif ini diharapkan dapat membantu guru dan peserta didik agar proses pembelajaran menjadi lebih menarik, efektif, efisien dan tidak membosankan sehingga orientasi dari Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk tingkat SMP sederajat yaitu aktivitas gerak yang mampu melaksanakan dari gerak spesifikasi cabang olahraga tertentu dapat tercapai. Model pengembangan yang digunakan peneliti adalah model prosedural yang mengacu pada model pengembangan Lee & Owens dengan langkah-langkah pengembangan sebagai berikut: (1) melakukan need assessment atau analisis data, (2) melakukan design atau desain produk, (3) development atau pengembangan produk, (4) implementation atau pelaksanaan, dan (5) evaluation atau evaluasi produk. Tahap uji coba produk, peneliti: (1) menggunakan ahli materi dan ahli media, (2) subjek kelompok kecil berjumlah 12 siswa, (3) subjek kelompok besar berjumlah 99 siswa, dan (4) subjek uji efektifitas, efisiensi, dan daya tarik berjumlah 34 siswa. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan persentase. Hasil produk pengembangan ini berupa bahan ajar multimedia interaktif (autoplay media studio) Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan tingkat SMP kelas VIII yang berisi video teknik dasar, buku elektronik flipbook, dan kuis, dengan materi: (1) bola besar (sepakbola, bolavoli, dan bola basket), (2) bola kecil (kasti, bulutangkis, dan tenis meja), (3) atletik (jalan cepat, lari jarak pendek, lompat jauh, dan tolak peluru), (4) pencak silat, (5) kebugaran jasmani, (6) senam lantai, (7) gerak irama, (8) renang, (9) pergaulan bebas, dan (10) keselamatan di jalan raya. Hasil dari uji coba produk kelompok kecil terhadap 12 siswa memperoleh persentase sebesar 85% dengan kategori sangat valid. Hasil dari uji coba produk kelompok besar yang diberikan kepada 99 siswa memperoleh persentase sebesar 82% dengan kategori sangat valid. Kategori kevalidan produk sesuai dengan tabel kategori persentase hasil pengolahan data bahwa dengan hasil persentase 80%-100% termasuk dalam kategori sangat valid dengan keterangan dapat digunakan tanpa revisi. Setelah mengetahui hasil produk pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan tingkat Sekolah Menengah Pertama kelas VIII ini dengan kategori sangat valid, peneliti melakukan uji lapangan, yaitu uji efektifitas, uji efisiensi, dan uji daya tarik terhadap 34 siswa. Hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) hasil uji efektifitas memperoleh rata-rata nilai 81 dengan predikat B, (2) hasil uji efisiensi memperoleh rata-rata waktu 0:41:05 (empat puluh satu menit lima detik), dan (3) hasil dari uji daya tarik memperoleh persentase 88,15% dengan kriteria sangat menarik. Berdasarkan hasil uji produk pengembangan yang telah dilaksanakan oleh peneliti di atas, maka dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan tingkat Sekolah Menengah Pertama kelas VIII ini dinyatakan layak untuk dipergunakan sebagai tambahan atau alternatif bahan ajar dalam proses pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di sekolah tingkat SMP sederajat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113538

Actions (login required)

View Item View Item