Pengembangan bahan ajar mata kuliah sepakbola berbasis blended learning untuk mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi IKIP Budi Utomo Malang / Estrado Isaci Selestiano Rodriquez - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar mata kuliah sepakbola berbasis blended learning untuk mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi IKIP Budi Utomo Malang / Estrado Isaci Selestiano Rodriquez

Rodriquez, Estrado Isaci Selestiano (2019) Pengembangan bahan ajar mata kuliah sepakbola berbasis blended learning untuk mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi IKIP Budi Utomo Malang / Estrado Isaci Selestiano Rodriquez. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rodriquez Estrado Isaci Selestiano. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Sepakbola Berbasis Blended Learning untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi IKIP Budi Utomo Malang. Tesis. Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wasis D. Dwiyogo M.Pd (II) Dr. Supriyadi M.Kes. Kata Kunci bahan ajar sepakbola blended learning Sepakbola merupakan salah satu mata kuliah yang diajarkan di perguruan tinggi Fakultas Pendidikan Ilmu Eksakta dan Keolahragaan. Kurangnya sumber belajar cetak dan kurangnya media bahan ajar alternatif yang menarik merupakan beberapa kendala yang ada di dalam proses pembelajaran. Penggunaan bahan ajar berbasis blended learning di dalam pembelajaran mata kuliah sepakbola bertujuan untuk membantu pendidik dan peserta didik dalam menjalani proses pembelajaran dan proses penyampaian materi menggunakan berbagai media bahan ajar yang menarik. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) menghasilkan sebuah produk bahan ajar mata kuliah sepakbola berbasis blended learning (tatap muka offline online) dan (2) menguji efektifitas efisiensi serta daya tarik dari produk pengembangan yang dihasilkan pada hasil belajar. Metode di dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan model konseptual yang mengacu pada pengembangan model rancangan berbasis blended learning. Subjek penelitian merupakan 70 mahasiswa jurusan pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi serta 3 ahli validasi yang meliputi ahli pembelajaran ahli materi dan ahli media. Langkah-langkah prosedur yang diambil dalam penelitian pengembangan ini terdiri dari 3 tahap yaitu 1) tahap analisis 2) tahap rancangan pembelajaran dan 3) tahap evaluasi. Selanjutnya dilakukan uji efektivitas untuk mengetahui tingkat keefektifan efisiensi serta daya tarik model bahan ajar mata kuliah sepakbola berbasis blended learning. Hasil yang diperoleh dari uji efektivitas yang dilakukan peneliti selama 3 kali pertemuan menggunakan metode tatap muka offline dan offline terhadap 40 subjek penelitian diperoleh hasil rerata keseluruhan semua pertemuan dengan nilai 88 59 kredit A dengan kategori sangat tuntas . Hasil uji efisiensi didapatkan dari total waktu yang digunakan mahasiswa pada saat belajar dan mengerjakan soal evaluasi. Jumlah waktu keseluruhan yang diperoleh setiap mahasiswa terhadap 6 bab materi dalam 3 kali pertemuan yaitu waktu terlama 04.47.33 dan waktu tercepat 04.21.54. Jika dibandingkan waktu yang digunakan dosen pengampuh mata kuliah pada setiap pertemuan yaitu 01.40.00 dikali 6 pertemuan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terjadi efisiensi waktu pada saat menggunakan metode blended learning. Hasil keseluruhan rerata dari uji daya tarik bahan ajar produk pengembangan menggunakan metode tatap muka offline serta online diperoleh persentase sebesar 93 5% dengan kriteria sangat menarik . Hasil dari penelitian dan pengembangan bahan ajar mata kuliah sepakbola berbasis blended learning ini menghasilkan spesifikasi produk sebagai berikut 1) bahan ajar tatap muka menggunakan buku cetak sebagai sumber belajar 2) bahan ajar offline menggunakan aplikasi autoplay media studio 8.0 berisi materi kuis foto serta video untuk mendukung kejelasan materi perkuliahan dan 3) bahan ajar online memanfaatkan kelas virtual edmodo yang dapat digunakan untuk berbagi materi perkuliahan dan evaluasi (kuis) secara online. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan oleh peneliti dapat ditarik kesimpulan bahwa produk pengembangan bahan ajar mata kuliah sepakbola berbasis blended learning dinyatakan layak serta dapat digunakan oleh pendidik dan peserta didik (mahasiswa) sebagai penunjang pembelajaran dan sebagai referensi pada proses pembelajaran mata kuliah sepakbola. Dengan menggunakan produk bahan ajar mata kuliah sepakbola berbasis blended learning dapat menambah efisiensi waktu permbelajaran yang sebelumnya dilaksanakan melalui 6 kali pertemuan menjadi relatif lebih singkat yaitu 3 kali pertemuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113534

Actions (login required)

View Item View Item