Saitya, Imaduddin (2019) Evaluasi rencana pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Imaduddin Saitya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Saitya Imaduddin. 2016. Evaluasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di SMP Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Olahraga Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M. E. Winarno M.Pd. (II) Dr. Roesdiyanto M.Kes. Kata kunci Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Rencana pelaksanaan pembelajaran berfungsi sebagai pedoman bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Standar penyusunan RPP yang disusun oleh guru ditentukan oleh kelengkapan komponen RPP dan kessuaian perumusan komponen RPP sehingga kedua aspek ini sangatlah penting dalam menyusun RPP. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikas penyusunan RPP PJOK pada aspek kelengkapan komponen RPP dan kesesuaian perumusan komponen RPP. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi. Metode penelitian yang digunakan berupa kuantitatif dan kualitatif. Prosedur penelitian yaitu (1) mengumpulkan data berupa dokumen RPP (2) membuat instrumen analisis data (3) menganalisis data (4) menyimpulkan data. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh guru PJOK di SMP Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Hasil penelitian (1) pada aspek kelengkapan komponen RPP yang disusun oleh guru PJOK di SMP Kecamatan Pakis masuk dalam kategori sangat baik dengan persentase nilai mencapai 94 24%. Terdapat komponen RPP yang memiliki persentase kelengkapan terendah yaitu komponen pendekatan/ model/ metode pembelajaran (2) pada aspek kesesuaian perumusan komponen RPP bahwa tingkat kesesuaian perumusan komponen RPP masuk dalam kategori sangat baik juga dengan persentase nilai mencapai 90 44% ditemukan juga beberapa komponen perumusan RPP yang kurang sesuai yaitu komponen tujuan pembelajaran yang dalam perumusannya kurang memperhatikan aspek audience behavior condition degree (3) Standar penyusunan RPP ditinjau dari aspek kelengkapan komponen dan kesesuaian perumusan komponen RPP maka RPP yang disusun memiliki kategori sangat baik dengan persentase mencapai 92 4%. Guru PJOK harus lebih memperhatikan lagi kelengkapan komponen-komponen dan kesesuaian perumusan komponen dalam penyusunan RPP. Peran guru dalam memahami penyusunan RPP sangatlah penting kelengkapan komponen dan kesesuaian perumusan komponen RPP dapat memberikan dampak yang positif sebagai pedoman dalam ketercapaian kegiatan pembelajaran yang efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Nov 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/113533 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |