Pengembangan desain pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan berorientasi multiple intelligence di SMP se-kecamatan Pujon / Hendy Pratama

Pratama, Hendy (2019) Pengembangan desain pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan berorientasi multiple intelligence di SMP se-kecamatan Pujon / Hendy Pratama. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pratama, Hendy. 2019. Pengembangan Desain Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Berorientasi Multiple Intelligence di SMP Sekecamatan Pujon. Tesis, Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Imam Hariadi, M. Kes. (II) Dr. Saichudin, M. Kes. Kata Kunci: Desain Pembelajaran, Pendidikan Jasmani, Multiple Intelligence Pada proses pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam kurikulum 2013 pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), guru harus menyesuaikan karakteristik dan tumbuh kembang pada peserta didik. Kecerdasan majemuk (multiple intelligence) yang menjadi potensi meningkatkan hasil belajar siswa terdiri dari kecerdasan linguistik, kecerdasan matematik, kecerdasan visual, kecerdasan kinestetik, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan naturalis, kecerdasan spiritual, kecerdasan eksistensialis, kecerdasan intuisi, dan kecerdasan kuliner. Proses dalam peningkatan kemampuan kecerdasan dan keterampilan siswa dapat berlangsung pada kegiatan aktivitas pembelajaran di dalam kelas maupun aktivitas pembelajaran di luar kelas. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah 1) mengembangkan desain rencana proses pembelajaran dalam pembelajaran PJOK yang berorientasi multiple intelligence, 2) mengembangkan bahan ajar yang memperhatikan gaya belajar secara visual, auditori, dan kinestetik dengan sistem penyampaian informasi konsep dasar materi pembelajaran PJOK. Pengembangan ini menggunakan langkah-langkah model ADDIE yang menggambarkan rancangan dari tahap Analisis (Analyze), Desain Produk (Design), Pengembangan (Development), Penerapan (Implement), dan Evaluasi (Evaluation). Produk yang dikembangkan dan dihasilkan dalam desain pembelajaran ini berupa perangkat pembelajaran dan instrumen. Perangkat pembelajaran terdiri dari 1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), 2) media pembelajaran berupa teks, gambar, audio, video yang dapat diakses menggunakan kode QR dan 3) materi pembelajaran PJOK untuk kelas VII SMP dikemas dengan menggunakan aplikasi Auto Play. Instrumen terdiri dari 1) angket analisis kebutuhan, 2) lembar validasi para ahli, 3) lembar validasi uji coba produk, 4) lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, 5) tes penguasaan bahan ajar. Subyek uji coba pengembangan desain pembelajaran ini adalah siswa kelas VII SMP Sekecamatan Pujon Kabupaten Malang tahun pelajaran 2018-2019. Hasil Penelitian yang dilakukan adalah 1) Hasil skor yang diperoleh dari validasi oleh ahli meteri sebesar 88,56 %, hasil skor yang diperoleh dari validasi oleh ahli media sebesar 93,07 % dan hasil skor yang diperoleh dari validasi oleh ahli pembelajaran sebesar 89,17 %. Kemudian hasil uji coba produk yang diperoleh dari tanggapan pengguna produk dari siswa sebesar 87,35 % dan analisis tanggapan guru tentang motivasi belajar siswa sebesar 89,69 %, jadi semua kriteria hasil uji coba produk menunjukkan telah memenuhi kelayakan produk. 2) Hasil data dari pengamatan ketercapaian pelaksanaan pembelajaran PJOK berorientasi multiple intelligence di SMP sekecamatan Pujon sebesar 86,11 %. 3) Perolehan rata-rata hasil belajar siswa pada tahap pretest sebesar 69,95 % dan secara signifikan perolehan rata-rata hasil belajar siswa lebih meningkat pada tahap posttest sebesar 83,67%. Berdasarkan hasil tersebut terdapat adanya peningkatan sebesar 13,71 %. Produk yang dihasilkan dinyatakan mempunyai kualifikasi sangat valid dan layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari validasi para ahli menunjukkan bahwa produk pengembangan desain pembelajaran pada mata pelajaran PJOK berorientasi multiple intelligence untuk kelas VII SMP sudah memenuhi standar aspek kevalidan dan produk dinyatakan layak berdasarkan tinjauan hasil validator materi, validator media, dan validator pembelajaran. Penerapan desain pembelajaran multiple intelligence menunjukkan data kepraktisan bahwa pembelajaran dapat dilaksanakan dengan sangat baik. Dari persentase keefektifan produk memiliki pengaruh terhadap hasil belajar yang dikonfirmasi secara klasikal dinyatakan tuntas dengan kriteria cukup efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113532

Actions (login required)

View Item View Item