Evaluasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan di SMP Kecamatan Pakis / Revandi Imana Taqwim - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan di SMP Kecamatan Pakis / Revandi Imana Taqwim

Taqwim, Revandi Imana (2019) Evaluasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan di SMP Kecamatan Pakis / Revandi Imana Taqwim. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Taqwim Revandi Imana. 2019 Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Kec. Pakis. Tesis Program Studi Pendidikan Olahraga Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M. E. Winarno M.Pd. (II) Dr. Roesdiyanto M.Kes. Kata Kunci Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) adalah salah satu pembelajaran yang disajikan di sekolah menengah pertama guna melengkapi sebuah proses pembelajaran melalui pembelajaran PJOK diharapkan peserta didik mengalami proses belajar dan dapat mengalami perubahan perilaku. Peran guru pendidikan jasmani yaitu memberikan sebuah pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan dengan beberapa aspek yang meliputi aspek kognitif afektif dan Aspek psikomotor dalam pendidikan jasmani. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan dalam hal kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan kegiatan penutup. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian yaitu (1) membuat panduan instrumen (2) pengambilan data (3) menganalisis data (4) menyimpulkan hasil penelitian. Data diperoleh dari dokumentasi dan observasi. Pengolahan data dilakukan dengan mereduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subyek penelitian yaitu guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dan siswa SMP Kec. Pakis. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran masih belum sesuai dengan standar diantaranya (1) kegiatan awal rerata 10.64 menit dengan persentase 9% (2) kegiatan inti rerata 56 39 menit dengan persentase 47% (3) kegiatan penutup rerata 5 91 menit dengan persentase 5% (4) waktu efektif yang digunakan 72 95 menit dengan persentase 61% yang berarti masuk dalam kategori cukup baik. Rekomendasi dalam pelaksanaan pembelajaran seorang guru harus mengikuti aturan standar yang telah ditentukan dalam proses pelaksanaan pembelajaran seorang guru seharusnya memperhatikan pelaksanaan pembelajaran adalah tahapan pandahuluan gunu untuk menarik minat belajar siswa yang nantinya dapat dilakukan dalam kegiatan inti. Seorang guru seharusnya juga memperhatikan kegiatan inti yang mana dalam kegiatan inti ini sangatlah berguna karena kegiatan inti inilah yang dapat diserap dan diterapkan oleh siswa. Dan seorang guru harus memperhatikan kegiatan penutup misal dalam evaluasi pembelajaran yang mana guru harus menanyakan kepada siswa apakah pembelajaran yang sudah dilakukan telah diserap dan diterima begitupula seorang guru harus melaksanakan kegiatan penilaian dan pendinginan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113531

Actions (login required)

View Item View Item