Pengembangan media pembelajaran bola tangan berbasis blended learning untuk mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura Ambon / Corneli Gaite

Gaite, Corneli (2019) Pengembangan media pembelajaran bola tangan berbasis blended learning untuk mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura Ambon / Corneli Gaite. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Gaite, Corneli. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Bola Tangan Berbasis Blended Learning Untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakuktas Keguruan dan Ilmiu Pendidikan Universitas Pattimura Ambon. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga Program Pasca Sarjana Universistas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Supriyadi, M.Kes (II) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd. Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran bola tangan, blended learning. Bola tangan adalah permainan olahraga beregu dengan irama yang cepat, melibatkan dua tim dengan masing-masing tim terdiri dari 7 (tujuh) orang pemain dengan menggunakan teknik dasar yaitu menggoper, menangkap, menggiring dan menembak dengan berusaha memasuskan bola ke gawang lawan dengan cara berjalan atau berlari sambil memantul-mantulkan bola ke tanah/ke lantai. Pembelajaran bola tangan di perguruan tinggi, masih banyak yang belum memahami terkait dengan teknik dasar pada olahraga bola tangan. Penggunaan pembelajaran berbasis blended learning dalam pembelajaran bola tangan olahraga dapat membantu pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran dalam penyampaian materi dengan berbagai media pembelajaran yang menarik. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu: (1) menghasilkan sebuah produk pembelajaran berbasis blended learning (tatap muka, offline, online) pada pembelajaran bola tangan dan (2) menguji efektifitas, efisiensi, dan daya tarik produk pengembangan yang dihasilkan pada pengembangan media pembelajaran bola tangan di Universitas Pattimura Ambon. Motode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan blended learning Dwiyogo dengan menggunakan subjek penelitian 60 mahasiswa dan 3 ahli yang meliputi 1 ahli materi, 1 ahli pembelajaran, 1 ahli media. Hasil dari penelitian dan pengembangan produk media pembelajaran bola tangan berbasis blended learning menghasilkan spesifikasi produk sebagai berikut: (1) metode tatap muka dengan menggunakan media cetak sebagai sumber belajar, (2) metode pembelajaran offline dengan menggunakan aplikasi autoplay studio 8.0 yang berisi materi, foto, dan vidio, (3) metode pembelajaran online dengan memanfaatkan kelas virtual edmodo yang dapat digunakan untuk berbagai materi dan evaluasi/kuis online. Hasil penelitian pengembangan pada uji coba produk yang diberikan terhadap 60 subjek, diperoleh hasil yaitu: (1) uji coba kelompok kecil dengan hasil (93,75%), (2) uji coba kelompok besar diperoleh hasil (93,26%). Hasil uji efektifitas 94% masuk dalam kategori “sangat tuntas”. Uji efesiensi di dapatkan hasil dari waktu dosen yang dipakai dalam pembelajaran kemudian dikurangi dengan nilai rata-rata yang digunakan mahasiswa dalam satu kali pertemuan dengan menggunakan media. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terjadi efesiensi waktu untuk pertemuan pertama waktu dosen 01.45.00-0.25.09 mendapatkan efesiensi waktu 00.19.51, (sembilan belas menit lima puluh satu detik), pertemuan kedua waktu dosen 01.30.00-0.24.28 mendapatkan efesiensi waktu 00.20.32,(dua puluh menit tiga puluh dua detik), pertemuan ketiga waktu dosen 01.45.00-0.02.46 mendapatkan efesiensi waktu 00.37.14, (tiga puluh tuju menit emapat belas detik) dengan kesimpulan terjadi efesiensi waktu dalam pembelajaran mata kuliah bola tangan. Setelah menggunakan media, hasil uji daya tarik pembelajaran produk pengembangan diperoleh hasil rata-rata presentase, (1) 94,58% pertemuan I (tatap muka), (2) 94,52% pertemuan II (offline), (3) 93,5% pertemuan III (online) dengan kreteria sangat menarik. Dari hasil penelitian dan pengembangan yang sudah dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan pembelajaran bola tangan berbasis blended learning dinyatakan layak dan dapat digunakan oleh pengajar maupun pebelajar (mahasiswa) untuk menunjang serta sebagai referensi pada proses pembelajaran bola tangan. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini yaitu produk pengembangan pembelajaran bola tangan berbasis blended learning hanya dapat digunakan di Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Pattimura Ambon, namun tidak menutup kemungkinan digunakan di tempat lain dengan jurusan yang sama jika dilakukan analisis kebutuhan terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Jurusan Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113530

Actions (login required)

View Item View Item