Penggunaan media flash card untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata bahasa Arab siswa kelas V di MI Nurul Ulum Betoyoguci Manyar Gresik / M. Sholihuddin Al Mas'udi

Al Mas'udi, M. Sholihuddin (2015) Penggunaan media flash card untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata bahasa Arab siswa kelas V di MI Nurul Ulum Betoyoguci Manyar Gresik / M. Sholihuddin Al Mas'udi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Al MasÔÇÖudi, Sholihuddin. 2015. Penggunaan Media flash card untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas V di MI Nurul Ulum Betoyoguci Manyar Gresik. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Nurul Murtadho, M. Pd. (II) Achmad Sultoni, S. Ag. M. Pd.I Kata Kunci: kosa kata bahasa Arab, media flash card, kemampuan menghafal. Sebagaimana hasil observasi di tempat penelitian, media flash card tidak digunakan oleh guru saat mengajar Bahasa Arab di MI Nurul Ulum, guru hanya menggunakan buku ajar dan LKS. Oleh karena itu, penelitian dengan memanfaatkan media ini perlu dilaksanakan sebagai salah satu usaha mempermudah siswa dalam menghafal kosa kata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan flash card dalam pembelajaran dan efektifitasnya untuk meningkatkan kemampuan siswa menghafal kosa kata bahasa Arab di MI Nurul Ulum. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan yang terdiri atas 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Langkah-langkah penggunaan media flash card untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata siswa dilakukan dengan cara berikut: (1) guru menunjukkan flash card yang bergambar dan dibawahnya terdapat kosa kata sementara siswa memperhatikan, (2) guru memberikan kepada masing-masing siswa 5 flash card tanpa kosa kata. Kemudian satu persatu siswa menjawab kosa kata tersebut, (3) guru melafalkan kosa kata yang ada di flash card satu kali, dan diikuti oleh siswa sebanyak tiga kali. Hasil pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media flash card sangat efektif, dan dapat meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata bahasa Arab siswa. Berdasarkan penelitian tersebut, disarankan kepada guru untuk menjadikan media flash card sebagai media pembelajaran bahasa Arab, terutama pembelajaran kosa kata di kelas V MI Nurul Ulum Betoyoguci. Media yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab hendaknya lebih bervariasi agar siswa tidak mudah bosan dan jenuh dengan pembelajaran bahasa Arab. Untuk penelitian lanjutan perlu menggunakan media yang lain seperti audio maupun audio visual sebagai media pembelajaran bahasa Arab agar media yang digunakan dalam proses pembelajaran lebih bervariasi. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11350

Actions (login required)

View Item View Item