Pengaruh demografi dan profesionalitas guru terhadap tingkat berfikir siswa dengan kriteria soal ujian (test) yang di buat oleh guru di Sekolah Menengah Kejuruan se-Jawa Timur / Elfia Najib Kholifiatin

Kholifiatin, Elfia Najib (2020) Pengaruh demografi dan profesionalitas guru terhadap tingkat berfikir siswa dengan kriteria soal ujian (test) yang di buat oleh guru di Sekolah Menengah Kejuruan se-Jawa Timur / Elfia Najib Kholifiatin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kholifiatin, Elfia Najib. 2019. Pengaruh Demografi dan Profesionalitas Guru terhadap Tingkat Berpikir Siswa dengan Kriteria Soal yang Dibuat oleh Guru. Tesis, Pendidikan Kejuruan, Program Pacasarjana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eddy Sutadji, M.Pd., (II) Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd. Kata Kunci: Demografi, Profesionalitas, Tingkat Berpikir, Kriteria Soal Kualitas keluaran SMK belum mampu memecahkan permasalahan dan dapat diterima pada dunia kerja sebagaimana yang diharapkanb. Rendahnya kualitas keluaran SMK salah satunya diakibatkan oleh peran tenaga pengajar (Guru). Banyak guru dalam membuat soal ujian belum memperhatikan tingkat ranah kognitif dengan kriteria High Order Thingking Skill sesuai yang diharapkan dalam mencapai lulusan berkualitas, sehingga belum bisa meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa. Tujuan pnelitian ini yaitu mendeskripsikan demografi, profesionalitas guru, Kriteria soal ujian, tingkat berpikir siswa, dan pengaruh demografi dan profesionalitas guru terhadap tingkat berpikir siswa dengan Kriteria soal ujian yang dibuat oleh guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu Guru SMK Program Teknik Bangunan se- Jawa Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan google form yang berupa angket pada masing-masing variabel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis diskriptif dan path analysis. Hasil analisis diperoleh sebagai berikut: (1) yaitu rata-rata jenis kelamin yaitu laki-laki, jenjang pendidikan rata-rata sarjana, rata-rata berusia diatas 40-60 tahun sehingga masa kerjanya pada masa kerja lama sekitar 21 tahun keatas maka sudah memiliki sertifikasi pendidik yaitu sebagai bukti bahwa guru tersebut sudah profesional; (2) Siswa hanya mampu menjawab pertanyaan pada ranah C1-C3; (3) kriteria soal ujian masih dalam bentuk LOTS; (4) Tidak ada pengaruh yang signifikan demografi (masa kerja) guru terhadap tingkat berpikir siswa; (5) Tidak ada pengaruh yang signifikan profesionalitas guru terhadap tingkat berpikir siswa; (6) Ada pengaruh yang signifikan Kriteria soal ujian yang dibuat oleh guru terhadap tingkat berpikir siswa. Sehingga semakin tinggi kriteria soal yang dibuat oleh guru maka semakin tinggi tingkat berpikir siswa; (7) Ada pengaruh yang signifikan demografi dan profesionalitas guru terhadap tingkat berpikir siswa dalam soal ujian (test) yang dibuat oleh guru; (8) Ada pengaruh yang signifikan demografi (masa kerja) guru terhadap soal ujian (Test) yang dibuat oleh guru; (9) Ada pengaruh yang signifikan profesionalitas guru terhadap soal ujian (test) yang dibuat oleh guru; (10) Ada pengaruh yang signifikan demografi dan profesionalitas guru terhadap Kriteria soal ujian (test) yang dibuat oleh guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113475

Actions (login required)

View Item View Item