Hubungan bentukan kompetensi keahlian produktif, pengalaman praktik kerja industri, dan pembekalan uji kompetensi dengan kebutuhan kompetensi kerja di industri jasa konstruksi bagi siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di Malang / Catur Widho Wati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan bentukan kompetensi keahlian produktif, pengalaman praktik kerja industri, dan pembekalan uji kompetensi dengan kebutuhan kompetensi kerja di industri jasa konstruksi bagi siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di Malang / Catur Widho Wati

Wati, Catur Widho (2019) Hubungan bentukan kompetensi keahlian produktif, pengalaman praktik kerja industri, dan pembekalan uji kompetensi dengan kebutuhan kompetensi kerja di industri jasa konstruksi bagi siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di Malang / Catur Widho Wati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wati CaturWidho. 2019. HubunganBentukanKompetensiKeahlianProduktif PengalamanPraktikKerjaIndustri danPembekalanUjiKompetensidenganKebutuhanKompetensiKerja di IndustriJasaKonstruksiBagiSiswa SMK KompetensiKeahlianTeknikGambarBangunan di Malang. Tesis Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R.M. Sugandi S.T. M.T. (II) Dr. Isnandar M.T. Kata Kunci kompetensiproduktif pengalamanprakerin pembekalan ujikompetensi kompetensikerja industrijasakonstruksi SMK teknikgambarbangunan. Kebutuhan tenaga kerja terampil tingkat menengah di bidang konstruksi terus dibutuhkan dan akan selalu berkembang dengan segala dinamikanya mengikuti perubahan perubahan yang terusterjadi.Pihakindustrijasakonstruksilebihmemilihlulusan yang memilikipengalaman di bidangnyabaikhard skill maupunsoft skill.Namun lulusan SMK belummumpunidalammemenuhikebutuhankompetensikerja di industrijasakonstruksisebagaitenagaterampil level dua.Pemicudaripermasalahantersebutdikarenakanterdapatkesenjanganterkaitpengembanganilmupengetahuandanteknologi di SMK denganperkembanganteknologi di industrijasakonstruksi.Selainitu pembelajaran di sekolahbelummenggunakanstandarduniakerja di industrijasakonstruksi pelaksanaanprakrikkerjaindustri (prakerin) atauPraktikKerjaLapangan (PKL)belumsesuaidenganbidangkeahlian minimnyainformasitentangduniakerjadibidangnya dansertifikatkeahliankompetensi yang belumsecaramaksimaldiakuisertarendahnyasoft skill pesertadidik SMK khususnyapadamotiasi komunikasi kemandian kerjakeras dankepercayaandiridalammenghadapitantangan yang ada di industrijasakonstruksi. Hal itumenunjukkanbahwapendidikanSMK belumsepenuhnyamemberikanbekalbagilulusannyauntukdapatbekerjasesuaidenganbidangkeahlian. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui(1) capaiankompetensidaribentukankompetensiproduktif pengalamanprakerin pembekalanujikompetensidankompetensikerja di industrijasakonstruksi (2) hubungan antara bentukan kompetensi keahlian produktif dengan kebutuhan kompetensi kerja di industri jasakonstruksi (3) hubunganantarapengalamanprakerindengankebutuhankompetensikerja di industrijasakonstruksi (4) hubunganantarapembekalanujikompetensidengankebutuhankompetensikerja di industrijasakonstruksi (5) hubungan antara bentukan kompetensi keahlian produktif pengalaman prakerin dan pembekalan uji kompetensi dengan kebutuhan kompetensi kerja di industri jasa konstruksi. Metode penelitianmenggunakanpendekatankuantitatif. Populasipenelitianyaituseluruh SMK TeknikGambarBangunan (TGB) di Kota-Kabupaten Malang.Sedangkanteknikpengambilansampeldilakukansecara random denganteknikproporsional random samplingdiperolehjumlahrespondensebanyak 105 pesertadidik. Teknikpengumpulan data menggunakantesdandokumentasi.Hasilujiinstrumenpenelitiandariujivaliditasdiperolehnilaisignifikansikurangdari 0 05 yang artinyainstrumenpenelitian valid danujireliabilitasdiperolehnilaiCronbach s Alpha lebihdari 0 7 yang artinyamemilikinilaireliabilitas yang tinggi. Selanjutnya data yang diperoleh dari penelitian dianalisis dengananalisisstatistikdeskriptifdananalisisstatistikinferensialyaituanalisisjalur(path analisys)untukmenjawabhipotesispenelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1) Capaian kompetensi dari bentukan kompetensi keahlianproduktif lebih dominan dibandingkan dengan pengalaman praktikkerjaindustri (prakerin) pembekalan uji kompetensi dan kompetensi kerja di industri jasa konstruksi. Hal tersebutdikarenakanbentukankompetensiproduktif di sekolahdilakukansecaraterstruktur.(2) Bentukankompetensikeahlianproduktif di sekolahdengankebutuhankompetensikerja di industrijasakonstruksitidakmemilikihubungandikarenakanterdapatkesenjanganterkaitpengembanganilmupengetahuandanteknologi di SMK denganperkembanganteknologi di industrijasakonstruksi. (3) Pengalamanpraktikkerjaindustri (prakerin) dengankebutuhankompetensikerja di industrijasakonstruksitidakmemilikihubungan yang signifikandikarenakanpelaksanaanprakerin yang belumefektifdanmasihdijumpaipesertadidik yang melaksanakanprakerintidaksesuaidenganbidangnya sehinggapesertadidikmengalamikesulitandalammenyalurkanilmu yang dimilikinyadansulitmengembangkannyasecaramaksimal. (4) Pembekalanujikompetensidengankebutuhankompetensikerja di industrijasakonstruksimemilikihubungan yang signifikandikarenakanmelalui pembekalanuji kompetensi yang diberikanmampumemberikanpengingatankembaliataukesegaran(refrese)kepadapesertadidikterkaitmateri yang akandiujikanyaitukompetensitenagaarsitekturyaituSKKNI TA.003/2016 untukmendapatkansertifikattenagaterampil. (5) Bentukankompetensikeahlianproduktif pengalamanprakerindanpembekalanujikompetensidengankebutuhankompetensikerjasecarasimultanmemilikihubungan yang signifikankarenaadanyasinergi yang kuatantarabentukan kompetensi keahlianproduktif pengalaman prakerin danpembekalanujikompetensiuntukmengikutiujikompetensimembuat calonlulusan SMK kempetensikeahlian TGB siap untukmemenuhi kebutuhan kompetensi kerja di industri jasa konstruksi sebagai tenaga kerja terampil tingkat II SKKNI.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113474

Actions (login required)

View Item View Item