Hubungan soft skills dan faktor lingkungan keluarga dengan kesiapan technopreneurship pada mahasiswa Teknik Mesin Otomotif di Politeknik Negeri Jember / Aden Ayun Barkos

Barkos, Aden Ayun (2020) Hubungan soft skills dan faktor lingkungan keluarga dengan kesiapan technopreneurship pada mahasiswa Teknik Mesin Otomotif di Politeknik Negeri Jember / Aden Ayun Barkos. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Barkos, Aden Ayun. 2020. Hubungan Soft Skills dan Faktor Lingkungan Keluarga dengan Kesiapan Technopreneurship pada Mahasiswa Teknik Mesin Otomotif di Politeknik Negeri Jember. Tesis, Pendidikan Kejuruan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Drs. Syarif Suhartadi, M.Pd., (II) Dr. Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci: Soft Skills, Faktor Lingkungan Keluarga, Kesiapan Technopreneurship Penganguran menjadi tantangan besar bagi pemerintah dan masyarakt Indonesia. Lulusan perguruan tinggi menyumbang angka penganguran yang cukup besar. Masalah penggangguran dapat teratasi seiring adanya meningkatkan wirausahawan baru. Wirausaha dapat menjadi sumber penghasilan pribadi dan membuka lapangan pekerjaan baru, yang berkontribusi untuk memperkecil angka pengangguran. Jumlah pelaku wirausaha di Indonesia hingga kini masih belum mencapai angka ideal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Soft Skills dan Faktor Lingkungan Keluarga dengan kesiapan Technopreneurship pada mahasiswa Teknik Mesin Otomotif di Politeknik Negeri Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Program Studi Diploma IV Teknik Mesin Otomotif Politeknik Jember angkatan 2016 yang sudah menempuh matakuliah kewirausahaan. Teknik sampling yang digunakan adalah Random Sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 72 responden. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner. Teknik analisis data menggunakan korelasi ganda. Hasil penelitian hubungan Soft Skills dengan Kesiapan Technopreneurship pada Mahasiswa Teknik Mesin Otomotif didapatkan hubungan yang signifikan dan memiliki hubungan yang cukup berarti; hubungan Faktor Lingkungan Keluarga dengan Kesiapan Technopreneurship pada Mahasiswa Teknik Mesin Otomotif didapatkan hubungan yang signifikan dan memiliki hubungan yang cukup berarti; dan hubungan Soft Skills, Faktor Lingkungan Keluarga dengan Kesiapan Technopreneurship pada Mahasiswa Teknik Mesin Otomotif didapatkan hubungan secara yang signifikan. Kesimpulan: 1) Terdapat hubungan yang signifikan antara Soft Skills dengan Kesiapan Technopreneurship pada mahasiswa Teknik Mesin Otomotif, 2) Terdapat hubungan yang signifikan antara Faktor Lingkungan Keluarga dengan Kesiapan Technopreneurship pada mahasiswa Teknik Mesin Otomotif, dan 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara Soft Skills, Faktor Lingkungan Keluarga dengan Kesiapan Technopreneurship pada mahasiswa Teknik Mesin Otomotif di Politeknik Negeri Jember dan memiliki hubungan yang cukup berarti.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113473

Actions (login required)

View Item View Item