Kontribusi research attitude dan literasi informasi terhadap level of research urgensity melalui critical thinking disposition inventory pada mahasiswa program studi kependidikan teknik / Fadila Fitria Wulandari

Wulandari, Fadila Fitria (2020) Kontribusi research attitude dan literasi informasi terhadap level of research urgensity melalui critical thinking disposition inventory pada mahasiswa program studi kependidikan teknik / Fadila Fitria Wulandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wulandari, Fadila Fitria. 2019. Kontribusi Research Attitude dan Literasi Informasi terhadap Level of Research Urgensity melalui Critical Thinking Disposition Inventory pada Mahasiswa Program Studi Kependidikan Teknik. Tesis. S2 Pendidikan Kejuruan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Tri Kuncoro, M.Pd., (II) Dr. Tuwoso, M.P. Kata Kunci: Research Attitude, Literasi Informasi, Level of Research Urgensity, Critical Thinking Disposition Inventory Bagi mahasiswa kependidikan, penelitian berguna untuk pengembangan penalaran pedagogis dan kemampuan membuat soal High Order Thinking Skills (HOTS) sebagai bagian pemenuhan kompetensi guru. Pemenuhan level of research urgensity oleh mahasiswa merupakan tahap awal terciptanya sebuah karya atau inovasi yang diharap mampu meningkatkan reputasi institusi. Penelitian ini menjadi penting karena research attitude, literasi informasi, dan critica l thinking disposition inventory merupakan faktor yang diindikasi berpengaruh terhadap pemenuhan level of research urgensity dalam penulisan karya ilmiah (skripsi). Sehingga penelitian difokuskan mengetahui pencapaian diseluruh variabel dan mengetahui kontribusinya secara parsial maupun simultan. Data didapatkan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey yang dianalisis menggunakan regresi linear parsial dan simultan. Populasi merupakan mahasiswa yang telah menempuh seminar proposal skripsi di Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Jumlah sampel 115 dari 439 mahasiswa yang dihitung menggunakan rumus Isaac & Michael tingkat kepercayaan 90%. Instrumen penelitian menggunakan skala likert empat poin dari Attitude Towards Research Scale untuk pengukuran research attitude, Information Literacy Assessment dari Association College of Research Libraries untuk mengukur literasi informasi dan California Critical thinking Disposition Inventory untuk mengukur critical thinking. Sedangkan instrumen penilaian Level of Research Urgensity dikembangkan oleh peneliti di bawah pengawasan validator ahli. Langkah tersebut dibuat karena belum banyak riwayat penelitan tentang level of research urgensity dan belum dibakukan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat ketercapaian mahasiswa pada tiap variabel pada predikat cukup baik dan kurang baik. Selain itu semua variabel berkontribusi signifikan secara parsial maupun simultan terhadap variabel dependent dengan nilai lebih dari 24%, kecuali research attitude yang tidak berkontribusi terhadap critical thinking disposition inventory. Hal ini dikarenakan peran dosen yang terlalu banyak akan menyebabkan mahasiswa enggan menggunakan critical thinkingnya. Tetapi hasil penelitian dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti tempat penelitian, pemilihan sampel dan ukuran sampel, serta pengaruh lain terhadap responden yang tidak dapat dikendalikan oleh peneliti. Sehingga dibutuhkan konfirmasi hasil penelitian dan eksplor factor dalam penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113472

Actions (login required)

View Item View Item